Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membagikan bantuan 5.000 bibit pohon buah dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Bengkulu kepada sejumlah desa yang ingin melakukan penghijauan lahan di wilayah masing-masing.
 
"Pembagian 5.000 bibit ke desa yang minta, seperti empat desa di Kecamatan Air Rami dan dua desa di Kecamatan Ipuh," kata Kepala KPH Kabupaten Mukomuko Aprin Sihaloho di Mukomuko, Sabtu.
 
Ia mengatakan dari 5.000 bibit pohon buah tersebut, ada beberapa desa yang minta 1.000 bibit, ada juga yang membutuhkan 2.000 bibit, dan desa lainnya puluhan bibit.
 
Bagi desa yang membutuhkan sedikit bibit pohon buah, pihaknya yang langsung membawa dan menyerahkan bibit tersebut kepada desa, tetapi bagi desa yang membutuhkan banyak bibit maka mereka yang menjemputnya ke BPDAS Bengkulu.
 
"Kapasitas kendaraan pribadi kami terbatas, hanya mampu membawa 40 bibit buah. Bagi desa yang butuh banyak bibit buah, mereka sendiri yang menjemputnya ke BPDAS Bengkulu," ujar dia.
 
Ia menjelaskan semua bibit yang diterima desa itu merupakan lanjutan proposal desa ke KPH kemudian diteruskan kepada BPDAS Bengkulu. Pihak BPDAS yang menyediakan bibit untuk desa di daerah ini.
 
Jenis bibit pohon buah yang diusulkan oleh desa, katanya, antara lain durian dan nangka.

Selanjutnya, kata dia, mereka menanam bibit pohon buah ini sepanjang tepi jalan untuk penghijauan lingkungan desa dan pekarangan rumah.
 
"Kalau di wilayah Ipuh itu mereka menanam di depan rumah karena di sana setiap warga mendapatkan satu bibit buah," ujarnya.
 
Selain bantuan 5.000 bibit pohon buah, ia mengatakan, ada desa yang akan melakukan penanaman secara bersama untuk bibit pohon cemara sekitar Januari 2024.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023