Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang Kementerian Perhubungan memeriksa kelaikan pesawat di Bandara Fatmawati-Soekarno setiap hari selama periode libur Natal dan Tahun Baru demi memastikan angkutan udara memenuhi ketentuan dan standar.

Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura II Bengkulu Armin mengatakan inspeksi berkala (ramp check) tersebut dilakukan terhadap 8 pesawat setiap harinya mulai dari 18 Desember 2023 sampai dengan 4 Januari 2023.

“Kegiatan 'ramp check' ini di adakan setiap hari mulai dari 18 Desember sampai 4 Januari 2024 mendatang. Itu setiap hari ada 8 pesawat dilakukan 'ramp check' sesuai dengan jumlah pesawat yang masuk ke sini artinya semua pesawat kita inspeksi,” kata Armin saat ditemui pada sela-sela kegiatannya di Bandara Fatmawati-Soekarno, Kamis. 

Ia menjelaskan "ramp check" itu dilakukan oleh para inspektor bidang kelaikan (air worthiness) pesawat, dan inspektor dari operasi.

“Ada inspektor dari 'air worthiness' yang memastikan pesawat dalam keadaan baik dari sisi perawatan pesawat, struktur pesawat, dan sebagainya, baik itu komunikasi pesawat, artinya dari pesawat itu sendiri, kemudian ada tim dari inspektur operasi yang mengecek validitas lisensi pilot dan pramugari,” ujarnya. 

Berdasarkan pemeriksaan tim Otoritas Bandar Udara wilayah VI Padang, lanjut Armin, belum ada ditemukan masalah terhadap pesawat rute Jakarta-Bengkulu serta Bengkulu-Enggano. 

"Alhamdulillah semua baik-baik saja tidak ada masalah sampai hari ini sesuai dengan laporan dari tim Outband VI Padang," lanjut Armin. 

Lebih lagi, kata Armin, pemeriksaan tersebut tidak hanya dalam rangka memastikan kondisi pesawat dalam keadaan baik melainkan juga untuk memberikan kenyamanan pelayanan terhadap para penumpang khususnya pada hari libur Natal 2023 maupun Tahun Baru 2024.

Pihak Angkasa Pura II Bengkulu memprediksi puncak mudik pada masa libur Natal tahun ini akan terjadi pada 22 Desember dan puncak arus balik pada 2 Januari 2024.

Pewarta: Muhammad Izfaldi

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023