Rejanglebong (Antara) - Pasangan Alrullah Jambak-Heri Purwanto dari jalur perseorangan tercatat sebagai pendaftar pertama sebagai bakal calon peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu.

Pendaftaran kedua pasangan dari jalur perseorangan ini diterima oleh Pokja pendaftaran pasangan calon Pilkada Rejanglebong yang berasal dari lima anggota KPU Rejanglebong dan pihak Panwaslu Rejanglebong.

"Dalam pendaftaran ini kami juga membawa dukungan masyarakat sebanyak 4.500 dukungan yang sebelumnya pada proses verifikasi faktual masih kekurangan, jumlah ini lebih banyak dari syarat jumlah kekurangan yang harus dipenuhi sebanyak 2.932 dukungan," kata kandidat Bupati Allrullah usai mendaftarkan diri ke KPU Rejanglebong, Minggu.

Pasangan Alrullah dan Heri Purwanto yang pada penyerahan dukungan masyarakat sebagai syarat pencalonan yang semula menyerahkan dukungan sebanyak 21.378 dukungan, jumlah ini masih kurang 1.466 dukungan dikalikan dua sehingga jumlah yang harus dipenuhi sebanyak 2.932 dukungan dari ketentuan ambang batas pencalonan semula sebanyak 22.844 dukungan.

Dihadapan kalangan wartawan yang bertugas di daerah itu, pasangan Alrullah-Heri Purwanto mengatakan, visi dan misi mereka dalam Pilkada Rejanglebong kali ini jika terpilih menjadi bupati dan wakil bupati lima tahun kedepan akan mengedepankan program kesejahteraan rakyat, dan memanfaatkan aneka potensi yang dimiliki Rejanglebong.

"Ada tiga program yang akan kami kembangkan yakni peningkatan sektor pertanian, karena masyarakat Rejanglebong 85 persen bekerja di bidang pertanian. Selanjutnya sektor agrowisata dan peningkatan sarana prasaran infrastruktur dalam 15 kecamatan," ujarnya.

Sementara itu anggota KPU Rejanglebong dari devisi tekhnis saat menerima pendaftaran kedua pasangan calon ini mengatakan, dengan mendaftarnya pasangan itu maka pihaknya akan segera melakukan verifikasi faktual dukungan tambahan yang mereka serahkan.

"Sesuai dengan tahapan Pilkada serentak penyerahan dukungan perbaikan ini dilaksanakan terhitung 4-7 Agustus, dan dilanjutkan penelitian jumlah minimal dukungan mulai 4-9 Agustus. Tahapan selanjutnya ialah analisis dukungan ganda mulai 4-9 Agustus dan dilanjutkan penyampaian hasil analisis dugaan ganda dan syarat dukungan oleh KPU Kabupaten Rejanglebong kepada PPS melalui PPK pada 10-11 Agustus mendatang," katanya.

Sedangkan untuk pendaftaran bakal calon kepala daerah ini kata dia, selain pasangan Alrullah-Heri Purwanto juga akan dilakukan empat pasangan dari jalur perseorangan lainnya serta pasangan calon yang diusung partai politik yang diperkirakan empat pasangan, pada hari kedua dan ketiga pendaftaran yang dibuka terhitung 26-28 Juli.***2***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015