Rejanglebong (Antara) -  Empat partai politik di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, mengusung pasangan calon Syamsul Effendi-Adnan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan digelar di wilayah itu.

"Ada empat parpol yang telah memberikan rekomendasi dari DPP partai untuk mengikuti Pilkada di Rejanglebong, di antaranya, Partai Gerindra dengan jumlah kursi dewan sebanyak empat kursi, kemudian PAN tiga kursi, PKS dua kursi dan PKB satu kursi dewan sehingga jumlahnya 10 kursi. Dari jumlah itu tidak menutup kemungkinan akan ada Parpol tambahan yang akan memberikan dukungan kepada kami," kata Syamsul Effendi usai mendaftarkan diri ke KPU Rejanglebong, Senin.

Rekomendasi pencalonan Syamsul Effendi berpasangan dengan Adnan yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Rejanglebong tersebut dalam bentuk SK DPP dari empat parpol.

Salinan SKnya sudah diserahkan ke KPU setempat sebagai salah satu bentuk persyaratan pencalonan, selain surat pernyataan pengunduran diri sebagai PNS maupun syarat lainnya.

Sedangkan untuk syarat yang belum dipenuhi adalah laporan harta kekayaan ke KPK dan baru akan diselesaikan dalam beberapa hari kedepan bersamaan dalam masa perbaikan syarat pencalonan serta syarat pemeriksaan kesehatan maupun kejiwaan.

"Dalam pilkada ini kami mengusung visi dan misi yang sangat luas dalam berbagai bidang pembangunan, namun intinya saya tidak akan keluar dari kepentingan masyarakat dan daerah," ujarnya.

Sementara itu, pasangan calon bupati dari jalur perseorangan  A Hijazi (mantan bupati daerah itu periode 2000-2005) yang berpasangan dengan mantan Wabup Rejanglebong periode 2005-2010, Iqbal Bastari, mengatakan, memilih dukungan masyarakat sebagai syarat pencalonan karena melihat peluang dukungan dari parpol relatif susah dibandingkan jalur perseorangan.

"Karena pilkada kali ini pelaksanaannya serentak di Tanah Air sehingga proses verifikasinya juga sulit. Penggalangan dukungan masyarakat berupa foto copy KTP atau KK ini kami selama tiga bulan," katanya.

Sedangkan anggota KPU Rejanglebong dari Divisi Teknis Fahamsyah menjelaskan, hingga hari kedua pendaftaran pasangan calon pilkada di daerah itu, sudah ada tiga pasangan yang mendaftarkan diri.

Meurut dia, dua di antaranya dari jalur perseorangan atas nama Alrullah Jambak-Heri Purwanto, A Hijazi-Iqbal Bastari dan calon yang diusung gabungan empat parpol atas nama Syamsul Effendi-Adnan.

Sedangkan dua pasangan lainnya yang akan mendaftarkan diri pada hari terakhir, yakni pasangan Fatrolazi-Nurul Khairiyah yang diusung PDIP-Nasdem dengan jumlah kursi tujuh dari ketentuan minimal enam kursi.

Namun untuk dua pasangan lainnya, yakni pasangan Jhon Ferianto-Bambang Wiyanto yang diusung Partai Golkar dan PPP dengan jumlah kursi dewan tujuh. Kemudian Tugiman-Sudirman belum mendaftarkan diri kendati Parpol yang tersisa adalah Partai Demokrat dan Hanura dengan jumlah kursi enam.***2***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015