Bupati Mukomuko, Bengkulu Sapuan mengingatkan penyandang disabilitas yang menerima bantuan sepeda motor roda tiga dari Kementerian Sosial agar menggunakan bantuan tersebut sesuai dengan peruntukan guna meningkatkan ekonomi.

"Memang bantuan ini sudah ditentukan peruntukan untuk usaha bagi penyandang disabilitas dalam meningkatkan ekonominya. Kalau tidak menggunakan sesuai peruntukan bisa dipindahkan ke penyandang disabilitas lain," kata Bupati Mukomuko Sapuan usai menyerahkan secara simbolis bantuan dua unit sepeda motor roda tiga dari Kementerian Sosial kepada penyandang disabilitas di Mukomuko, Rabu.

Baca juga: Mukomuko terima dana bangun jalan dan irigasi Rp19 miliar
 

Bagi penyandang disabilitas yang menerima bantuan ini, katanya, untuk tidak semena-mena dibiarkan saja, karena setiap tiga bulan ada evaluasi dari dinas terkait dan bisa dipindahkan ke penyandang disabilitas lain.
 
Ia mengatakan berbagai bantuan dari Kementerian Sosial diajukan kepada pemerintah pusat dengan melihat kondisi riil yang ada atau warga yang sangat membutuhkan.
 
"Mudah-mudahan ke depan koordinasi dan komunikasi dengan Kementerian Sosial agar bantuan bisa berlanjut, karena hubungan yang baik kami dengan pemerintah pusat," ujarnya.
 
Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Fitriani Ilyas mengatakan terkait bantuan yang sama untuk penyandang disabilitas tahun 2024, tergantung kesiapan dari daerah dan dikoordinasikan kepada pihak Sentra Darma Guna Bengkulu.
 
"Kita siapkan kalau ada yang membutuhkan, karena syarat untuk mendapatkan bantuan itu adalah disabilitas yang punya usaha," ujarnya.

Baca juga: Oknum dewan diduga rambah hutan, KPH Mukomuko lakukan pengusutan
 
Ia menyebutkan jumlah penyandang disabilitas di daerah ini sebanyak 305 orang, tetapi mereka tidak punya usaha.
 
Ia mengaku mencari dua orang penyandang disabilitas yang memenuhi syarat menerima bantuan sepeda motor roda tiga tahun 2023 sangat susah.
 
Untuk itu, katanya, terhadap penyandang disabilitas yang tidak punya usaha di daerah ini hanya diberikan bantuan berupa alat bantu untuk mereka melakukan aktivitas setiap hari.
 
Ia meminta bantuan dari camat dan kades untuk mendata agar siapa saja penyandang disabilitas di wilayahnya yang membutuhkan bantuan sepeda motor roda tiga.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023