Personel Polisi Hutan Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggelar patroli gabungan untuk mencegah perambahan kawasan Hutan Produksi Air Teramang yang menjadi koridor gajah di daerah tersebut.

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Mukomuko Aprin Sihaloho di Mukomuko, Rabu, mengatakan polhut menggelar patroli gabungan bersama dengan tim gabungan dari BKSDA Bengkulu, Kanopi, DLHK Bengkulu, dan KPH Mukomuko. 

"Tim ini melakukan patroli gabungan dalam Hutan Produksi (HP) Air Teramang di daerah ini mulai dari tanggal 26-30 Desember 2023," ujarnya.
 
Ia mengatakan target tim patroli gabungan ini adalah para pelaku perambahan hutan sekaligus memastikan wilayah yang menjadi koridor gajah dalam HP Air Teramang aman dari aktivitas perambahan.
 
Ia menyebutkan kawasan HP Air Teramang di daerah ini mulai dari Desa Tunggang sampai Air Ikan, Kecamatan Ipuh.
 
"Tim patroli gabungan ini berjalan kaki menyusuri kawasan HP Air Teramang mulai dari Desa Tunggang menuju Air Ikan Kecamatan Ipuh karena lokasi tersebut merupakan koridor gajah," ujarnya.
 
Tim patroli gabungan ini, katanya, akan mengecek kawasan HP Air Teramang yang rusak akibat sekaligus memastikan ada atau tidak jerat satwa dilindungi khususnya gajah dalam HP Air Teramang di daerah ini.
 
Apabila tim patroli gabungan ini bertemu dengan pelaku perambahan dalam HP Air Teramang, maka upaya yang akan dilakukan, dengan memberi peringatan terlebih dahulu.
 
Kemudian, kata dia,  tim ini memberikan sosialisasi tentang aturan hukum yang mengatur tentang larangan terhadap siapa saja melakukan perambahan dalam kawasan HP Air Teramang serta sanksi hukum terhadap yang melanggar aturan tersebut.
 
Lalu para pelaku perambah hutan, katanya, harus membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya melakukan perambahan kawasan HP Air Teramang khusus yang menjadi koridor gajah di daerah ini
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023