Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan logistik untuk warga yang menjadi korban kebakaran di wilayah Air Punggur, Kelurahan Koto Jaya.

Plt Kepala Dinas Sosial Mukomuko Fitriani Ilyas di Mukomuko, Rabu, menyebutkan korban kebakaran rumah dialami Monas Chandra, warga Air Punggur, Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko. 

"Kami menyalurkan stok cadangan logistik bencana yang ada di gudang dinas ini, seperti baju, sepatu, dan tas sekolah, karena dia ada anak sekolah," ujarnya.
 
Ia mengatakan bantuan untuk orang tua berupa baju, selimut, dan handuk. Selain itu ada bantuan seng sebanyak satu kodi setengah sisa stok tahun 2023 serta peralatan memasak dan makanan siap saji.

Baca juga: Semua sekolah Mukomuko siap terapkan sekolah sehari penuh

Baca juga: Mukomuko segera operasikan UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak

Baca juga: Pelayanan KB gratis di Mukomuko jaring 1.467 orang
 
Sementara itu Dinas Sosial pada tahun 2024 mendapat alokasi anggaran sebesar Rp500 juta yang diambil dari anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk kegiatan rehabilitasi sosial.
 
Dari alokasi anggaran rehabilitasi sosial sebesar Rp500 juta, katanya, sebagian digunakan untuk pengadaan bahan material untuk pembangunan rumah warga yang terbakar.
 
Ia mengatakan bantuan material untuk korban kebakaran di wilayah Air Punggur, Kelurahan Koto Jaya, yang terjadi pada awal tahun ini, mengalami kendala karena harus menunggu pencairan dana. 
 
"Kalau DPA (Daftar Pengisian Anggaran) selesai disahkan, tim turun untuk melihat kerusakan apa yang bisa dibantu, tetapi permasalahannya dalam waktu dekat belum bisa dibuat," ujarnya.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024