Pemerintah Provinsi Bengkulu menyebutkan daerah berjuluk Bumi Rafflesia itu pada 2024 mendapatkan bantuan pupuk bersubsidi sebanyak 32,917 ton.
 
"Kementerian Pertanian (Kementan) sudah merilis bantuan Pupuk Subsidi untuk 34 Provinsi di Indonesia tahun anggaran (TA) 2024 ini," kata Kepala Bidang PSP Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu Helmi Yuliandri di Bengkulu, Rabu.
 
Data Kementan, menurut dia merinci Provinsi Bengkulu mendapatkan jatah alokasi pupuk subsidi sebesar 32,917 ton yang terdiri dari 15,378 ton pupuk urea dan 17,539 ton pupuk NPK.
 
Bantuan pupuk subsidi yang berasal dari Kementan itu pun kata dia bisa saja bertambah apabila pada Juni dan Juli nanti ternyata serapan maupun permintaan di petani meningkat.

"Apabila bulan 6 atau 7 nanti permintaan meningkat, mereka (pusat) akan mendistribusikan kembali. Ini memang berbeda dari distribusi tahun lalu, kalau tahun lalu kan disiapkan pagu awal. Kalau sekarang tidak karena mengingat anggaran," kata Helmi.
 
Helmi mengatakan nantinya Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah segera menerbitkan surat keputusan (SK) mengatur pendistribusian pupuk subsidi.
 
Sehingga, lanjut dia pada Minggu pertama Januari bantuan Pupuk Subsidi sudah bisa didistribusikan ke seluruh Kabupaten maupun Kota.
 
"Sudah kami siapkan SK Gubernurnya untuk didistribusikan ke kabupaten dan kota, teman-teman kabupaten saat ini sudah membuat draf SK Bupati. Di minggu pertama ini Insya Allah sudah kami distribusikan," ujar Helmi.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024