Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu telah menganggarkan dana sebesar Rp2,4 miliar untuk memulai pembangunan Kantor Camat Ratu Agung yang mengalami kebakaran pada tahun 2022.

Camat Ratu Agung, Subhan Gusti Hendri, di Bengkulu, Selasa, menyampaikan pembangunan ini telah direncanakan sejak tahun 2022.

"Pada tahun 2024, sesuai dengan komitmen yang telah kami sampaikan sebelumnya, pembangunan kantor camat akan segera dilaksanakan. Penjabat Wali Kota Bengkulu, Arif Gunadi, baru-baru ini mengumumkan alokasi dana sebesar Rp2,4 miliar untuk proyek ini, dan kami berharap pembangunan ini dapat segera dimulai," kata dia.

Menurut informasi yang diterima dari pj Wali Kota Bengkulu, Arif Gunadi, pembangunan akan dimulai setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, tepatnya pada bulan Maret. Subhan juga menjelaskan bahwa pembangunan ini akan mencakup pembangunan kantor baru, bukan rehabilitasi di lokasi yang sama.

Sebelumnya, pada tanggal 27 Februari 2022, Kantor Camat Ratu Agung di Kota Bengkulu mengalami kebakaran yang mengakibatkan kerusakan total pada gedung utama, serta kerugian barang-barang dan dokumen yang berada di dalamnya.

Kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa, dan meskipun dalam kondisi sulit, pelayanan kepada masyarakat di kantor camat tetap berlanjut. Subhan menjelaskan bahwa layanan terkait surat menyurat telah dipindahkan ke Kantor PKH yang berdekatan dengan Kantor Camat Ratu Agung.

Hal ini dikarenakan semua peralatan yang mendukung pelayanan seperti komputer, dokumen penting, dan perlengkapan lainnya telah terbakar dalam kejadian tersebut. Kantor Camat hanya dapat melayani permohonan surat keterangan tidak mampu, surat keterangan tanah, surat keterangan kematian, dan keperluan ringan lainnya.

Selain itu, Satuan Reskrim Kepolisian Resor (Polres) Kota Bengkulu bekerja sama dengan tim Puslabfor Polda Sumatera Utara (Sumut) telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kebakaran Kantor Camat Ratu Agung, Kota Bengkulu. Ini merupakan langkah penting dalam penyelidikan terkait penyebab kebakaran tersebut.

 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024