Warga Desa Pondok Batu, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu meminta pemerintah membangun jembatan permanen sebagai akses warga di wilayah tersebut.

"Sejak jembatan tersebut ambruk dan dibangun jembatan darurat pada tahun 2022 sampai sekarang belum ada pembangunan jembatan permanen, kami minta pemerintah membangun jembatan permanen untuk akses warga di wilayah ini," kata warga Desa Pondok Batu Saprin, di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan bahwa tim dari pemerintah provinsi pernah beberapa kali meninjau jembatan tersebut, namun sampai sekarang belum ada pembangunan jembatan permanen.

Warga di wilayah ini, katanya lagi, pernah beberapa kali memperbaiki bahkan mengganti material jembatan yang rusak tersebut secara swadaya agar jembatan mudah dilewati oleh masyarakat di wilayah ini.

Kemudian, katanya pula, ditambah biaya pemeliharaan jembatan dari Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko

Ia menyebutkan, sebanyak 350 kepala keluarga tinggal di Desa Pondok Batu termasuk di Tranbandep. Aktivitas mengeluarkan hasil pertanian tinggi dari desa ini keluar ke Kelurahan Pasar Mukomuko dan wilayah sekitar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko Apriansyah memastikan anggaran pembangunan jembatan permanen di Desa Pondok Batu tidak ada pada tahun ini, baik dari kabupaten, provinsi, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dia mengungkapkan alasannya, karena usulan dari daerah ini tereliminasi oleh BNPB. Terkait penyebabnya tidak diketahui karena pembangunan jembatan di ruas jalan provinsi tersebut kewenangan BPBD Provinsi Bengkulu.

"Dalam hal ini kewenangan kabupaten pembangunan jembatan di Desa Pondok Lunang dan alhamdulillah sebentar lagi bakal dapat anggaran untuk pembangunannya," ujarnya pula.

Terkait dengan jembatan di ruas jalan provinsi di Desa Pondok Batu, katanya lagi, sementara kewajiban kabupaten untuk mengantisipasi sulitnya masyarakat melewati jalan itu dengan cara terus-menerus memperbaikinya baik papan lantai jembatan dan rangkanya.

Selanjutnya, katanya pula, tahun 2025 instansinya akan mengajukan pembangunan jembatan tersebut kepada pemerintah provinsi.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024