Komponen masyarakat sipil Bengkulu menamakan diri Rembuk Rakyat Bengkulu menyuarakan agar para calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 memiliki komitmen serta keberpihakan terhadap reforma agraria, kelestarian ekologis, dan keadilan iklim.
 
"Mendesak para calon presiden/wakil presiden dan calon anggota legislatif, serta calon kepala daerah yang akan berkontestasi dalam Pemilu 2024, harus menyuarakan dan berkomitmen apabila terpilih untuk menjalankan secara benar dan serius terkait dengan agenda reforma agraria, kelestarian ekologis, keadilan iklim dan mandat konstitusi lainnya," kata Kepala Divisi Advokasi dan Kampanye Walhi yang tergabung dalam Rembuk Rakyat Bengkulu Dodi Faisal di Bengkulu, Jumat.
 
Pemilu 2024 memberikan harapan akan adanya perubahan, dan pemilu bukanlah bertujuan pergantian kekuasaan semata. Calon presiden, wakil presiden dan calon anggota legislatif, serta calon kepala daerah yang akan berkontestasi dalam pemilu diharapkan dapat mendorong agenda perubahan bagi rakyat.

"Adanya konsolidasi yang dibangun dari berbagai elemen, diharapkan dapat menggalang kekuatan rakyat sehingga dapat mendorong adanya transisi ke arah dominasi kepentingan rakyat dalam kebijakan di setiap tingkat pemerintahan," kata dia.

Kemudian, Rembuk Rakyat Bengkulu pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Bengkulu untuk mengawal dan memastikan proses Pemilu 2024 berjalan sesuai dengan keinginan rakyat.

"Mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memastikan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota legislatif dan calon kepala daerah memiliki keberpihakan yang kuat atas hak-hak rakyat dan menolak seluruh kontestan pemilu yang mempunyai keterlibatan langsung dengan oligarki," kata Dodi.

Komponen masyarakat tersebut juga berpesan pada penyelenggara pemilu agar memastikan dapat memfasilitasi ruang debat publik untuk kontestan pemilu mengangkat isu strategis terkait krisis iklim, konflik agraria dan HAM, industri ekstraktif, serta pengelolaan dan penyelamatan hutan, pesisir dan laut baik di nasional maupun daerah.

"Juga memastikan kualitas dan keterlibatan perempuan dan kaum muda bukan karena semata-mata memenuhi persyaratan formal belaka," ujarnya.
 

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024