Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyatakan bahwa sekitar 30 orang penyandang disabilitas dan warga lanjut usia (lansia) akan menerima bantuan permakanan dan sandang.

Kepala Bidang Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Eli Susbenti di Mukomuko, Minggu, mengatakan penyediaan makanan dan sandang untuk penyandang disabilitas dan lansia di daerah ini merupakan program baru di daerah ini.
 
"Kita memprogramkan penyediaan makanan penyandang disabilitas guna melaksanakan kegiatan standar pelayanan minimal (SPM), dan kegiatan itu harus diadakan walaupun dikit harus ada," ujarnya.
 
Ia mengatakan, bantuan makanan untuk penyandang disabilitas dan lansia di daerah ini berupa nasi dan lauk pauk, dan bantuan sandang berupa pakaian, handuk, dan baju tidur.
 
Ia menambahkan, rencananya pelaksanaan kegiatan pemberian bantuan makanan dan sandang dilaksanakan pada pertengahan tahun ini.
 
Ia menyebutkan, tercatat dari sebanyak 305 orang penyandang disabilitas di daerah itu, hanya sebanyak 30 penyandang disabilitas yang ditetapkan sebagai penerima makanan dan sandang.

Ia mengungkapkan tahun lalu, sebanyak 305 orang penyandang disabilitas itu menerima bantuan asistensi rehabilitasi sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sentra Dharma Guna di Bengkulu.
 
Sebanyak 305 penyandang disabilitas ini tersebar di 15 kecamatan, yakni Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Air Manjuto, Kecamatan V Koto, dan Kecamatan XIV Koto.
 
Kemudian Kecamatan Ipuh, Kecamatan Sungai Rumbai, Kecamatan Air Rami, Kecamatan Malin Deman, Kecamatan Pondok Suguh, Kecamtan Teramang Jaya, Kecamatan Penarik, Kecamatan Teras Terunjam, Kecamatan Selagan Raya, Kecamatan Air Dikit.
 
Ia menjelaskan penyerahan bantuan sosial ini menjadi bukti konkret dari upaya pemerintah dalam memberikan layanan kesejahteraan sosial kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), terutama kelompok disabilitas.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024