Rejanglebong (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menetapkan tujuh zona pelaksanaan kampanye pemilihan kepala daerah serentak di wilayah itu.

"Saat ini sudah ditetapkan zona pelaksanaan kampanye untuk tujuh calon bupati dan calon wakil bupati di Pilkada Rejanglebong 2015 menjadi tujuh zona yang tersebar dalam 15 kecamatan. Pembagian zona kampanye untuk mengatur lokasi pelaksanaan kampanye dan mencegah terjadinya gesekan antar pasangan," kata anggota KPU Rejanglebong Divisi Hukum, Mansurudin di Rejanglebong, Jumat.

Penetapan tujuh zona kampanye pilkada di daerah tersebut kata dia, sudah ditetapkan bagi pasangan masing-masing dan sudah disepakati dalam rapat koordinasi yang digelar KPU dengan tim pemenangan dari ketujuh cabup dan cawabup yang akan bertarung di Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

Sedangkan untuk pelaksanaan kampanye sesuai dengan tahapan KPU tambah dia, terhitung 27 Agustus hingga 5 Desember, dengan waktu aktif akan berlangsung selama 99 hari. Setiap pasangan ini melakukan kampanye yang diatur berdasarkan PKPU No.7/2015, tentang kampanye Pilkada.

Dalam PKPU ini mengatur dan membatasi pemasangan alat peraga kampanye seperti baliho, spanduk, leaflet dan brosur, kemudian pembatasan jumlah peserta rapat terbatas dengan jumlah peserta paling banyak 750. Sedangkan untuk rapat umum atau kampanye terbuka yang melibatkan massa lebih dari 5.000 orang, nantinya akan diberikan satu kali untuk setiap pasangan.

Tujuh lokasi kampanye yang ditetapkan KPU Rejanglebong ini kata dia, antara lain zona satu meliputi Curup Selatan dan Curup Tengah, zona dua Kecamatan Curup Kota dan Curup Utara. Zona tiga Kecamatan Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya. Selanjutnya zona empat Kecamatan Curup Timur dan Selupu Rejang, zona lima Kecamatan Sindang Kelingi dan Sindang Dataran, zona enam Kecamatan Binduriang, Padang Ulak Tanding dan Kecamatan Sindang Beliti Ulu. Serta zona tujuh meliputi Kecamatan Sindang Beliti Ilir dan Kecamatan Kota Padang.

Adapun tujuh pasangan Cabup dan Cawabup yang akan bertarung di Pilkada Rejanglebong kali ini tiga diantaranya berasal dari jalur perseorangan yakni pasangan Alrullah Jambak-Heri Purwanto dengan jumlah dukungan sebanyak 25.600, kedua pasangan Ahmad Hijazi-Iqbal Bastari dengan dukungan 27.952, ketiga pasangan Anom Chan-Joni dengan dukungan 23.375.

Selanjutnya pasangan Syamsul Effendi-Adnan yang dicalonkan gabungan Parpol partai Gerindra, PKS, PKB dan PAN dengan jumlah kursi dewan sebanyak 10 kursi. Pasangan Fatrolazi-Nurul Khairiyah dicalonkan PDIP dan Nasdem dengan jumlah kursi tujuh.

Pasangan Jhon Feriyanto-Bambang Aryanto dicalonkan Partai Golkar dan PPP dengan jumlah kursi dewan tujuh. Serta pasangan Tugiman-Sudirman yang dicalonkan Partai Demokrat dan Hanura dengan jumlah kursi dewan sebanyak enam kursi.***2***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015