Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu sudah memenuhi kekurangan sebanyak 242 personel perlindungan masyarakat (linmas) untuk mendukung pengamanan Pemilu 2024.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mukomuko Jodi di Mukomuko, Kamis, mengatakan jumlah personel linmas yang dimiliki Kabupaten Mukomuko sebanyak 928 orang, sedangkan kebutuhan untuk pengamanan sebanyak 585 tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 sebanyak 1.170 personel, atau dua linmas per TPS.

 
"Kekurangan sebanyak 242 personel linmas itu sudah dipenuhi oleh pemerintah desa dan kecamatan, namun tambahan sebanyak 242 linmas ini hanya bertugas pada saat pengamanan satu hari saat hari pemungutan suara," ujarnya
 
Terkait dengan atribut linmas saat pengamanan di TPS, ia mengatakan, tidak mesti menggunakan seragam linmas, mereka cukup memakai baju kaos linmas seragam hitam putih.
 
Selain itu, katanya, pihaknya juga sudah melakukan beberapa kali pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan personel linmas yang nantinya akan menjaga keamanan di TPS di setiap desa di daerah ini.
 
Selanjutnya, katanya, pihaknya juga akan mengadakan pelatihan bagi personel linmas, tetapi sekitar bulan lima tahun 2024 untuk menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun ini.
 
Ia mengatakan, personel linmas ini selain ditugaskan untuk pengamanan TPS, mereka juga diimbau untuk mengaktifkan pos keamanan lingkungan (poskamling) di wilayahnya masing-masing.
 
"Kita mengajak kawan-kawan linmas di desa untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayahnya masing-masing," ujarnya.
 
Sementara itu, ia menyebutkan, sebanyak 928 ini merupakan anggota linmas lama yang bertugas di desa, dan jumlah anggota linmas berkurang dari sebelumnya karena mengundurkan diri.
 
Ia menyatakan, meskipun sebanyak 928 personel linmas ini mengantongi SK bupati, namun gaji linmas ini bersumber dari APBDes di desa masing-masing.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024