Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menjamin persediaan sapi di daerah itu cukup untuk kebutuhan kurban pada Hari Raya Idul Adha 2015.

"Populasi sapi di daerah ini sebanyak 20.000 ekor. Jumlah ini cukup untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha," kata Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Edy Aprianto, di  Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, dengan banyaknya jumlah populasi sapi tersebut, masyarakat setempat tidak perlu khawatir tidak dapat sapi untuk dikurbankan saat Hari Raya raya Idul Adha.

Bahkan, katanya, sapi dari daerah itu bisa dijual keluar daerah itu, guna memenuhi permintaan warga luar daerah yang mau berkurban pada hari raya Idul Adha.

Mayoritas sapi sebanyak itu berasal dari ternak masyarakat dan kelompok tani di daerah ini, ujarnya.

Sedangkan harga jual sapi di daerah itu, sebutnya, berkisar Rp15 hingga Rp18 juga per ekor, tergantung dengan berat badan sapi. Bahkan bisa lebih mahal karena banyaknya permintaan masyarakat.

Terkait dengan harga sapi itu, ia mengatakan, pihaknya tidak bisa mengarahkan apalagi mengatur peternak harus menjual sapinya dengan harga murah.

"Kami hanya sebatas memastikan kalau persediaan sapi di daerah ini banyak. Kalau mengenai harga kewenangan peternak," ujarnya.

Selain itu, katanya, pihaknya menganjurkan supaya masyarakat yang berkurban memberikan informasi agar dilakukan pengecekan hewan yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha.

"Kita akan turunkan petugas melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban di Masjid," ujarnya lagi. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015