Calon Presiden Prabowo dan Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka raih suara terbanyak di Lapas Kelas IIA Bengkulu yaitu mencapai 441 suara dari total 520 pemilih di lapas tersebut, Rabu.
 
Dari hasil dua tempat pemungutan suara (TPS) yaitu TPS 901 pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan 245 suara, pasangan Anis-Muhaimin mendapat 19 suara dan Ganjar-Mahfud yang hanya mendapat tujuh suara.
 
Kemudian di TPS 902, pasangan Prabowo-Gibran maraih perolehan suara sebanyak 196 suara, pasangan Anis-Muhaimin dengan perolehan 29 suara, dan pasangan Ganjar-Mahfud 17 suara.
 
Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Bengkulu Santosa menerangkan bahwa kampanye dilarang dilakukan di dalam Lapas.
 
"Kalau kampanye jelas tidak ada, karena tidak boleh ada kampanye disini," ujar dia saat ditemui di Lapas Bengkulu, Rabu.
 
Lanjut dia, total warga binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Bengkulu sebanyak 876 orang sedangkan yang dapat menyalurkan hak suaranya sebanyak 491 warga binaan.
 
"Hasil monitor saya, situasi pencoblosan disini (Lapas Kelas IIA Bengkulu) berjalan lancar dan tetap kondusif. Kami juga memastikan di Lapas Kelas IIA Bengkulu tidak ada intervensi dari pihak manapun,"
 
Sementara itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu menerangkan bahwa hingga saat ini pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) khusus di wilayah tersebut berjalan lancar.
 
Hal tersebut diketahui setelah Bawaslu Kota Bengkulu melakukan pengawasan seperti kelancaran ketersediaan logistik terhadap enam TPS khusus tersebut tidak ditemukannya adanya dugaan pelanggaran yang terjadi.
 
Sebab, TPS khusus memiliki kriteria dan prosedur tersendiri dalam melaksanakan pemungutan suara pada Pemilu 2024 sehingga tidak sama dengan TPS pada umumnya.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024