Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu memberikan apresiasi atas kinerja 5.712 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) Pemilu 2024 di daerahnya.

Ketua KPU Rejang Lebong Ujang Maman di Rejang Lebong Sabtu mengatakan, pemungutan suara Pemilu 2024 di Kabupaten Rejang Lebong dilaksanakan di 816 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar pada 156 desa/kelurahan di 15 kecamatan.

"KPU Rejang Lebong mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada 5.712 petugas KPPS se-Kabupaten Rejang Lebong atas kinerjanya yang luar biasa, sehingga penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar," katanya.

Dia menjelaskan, ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan kepada 1.632 petugas pengamanan yang bertugas di 816 TPS di daerah itu.

Ucapan terima kasih dan apresiasi ini, katanya, disampaikan karena tugas dari KPPS dan pam TPS cukup berat sehingga pihaknya sangat menghargai.

Sementara itu proses rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 di Kabupaten Rejang Lebong saat ini, terhitung mulai hari Minggu besok sudah dilakukan rapat pleno tingkat kecamatan yang tersebar di 15 kecamatan.

Sedangkan untuk penginputan rekapitulasi suara untuk semua pemilihan ke aplikasi Sirekap di Kabupaten Rejang Lebong saat ini sudah mencapai 80 persen. Kalangan warga yang ingin mengetahuinya bisa mengaksesnya melalui info pemilu KPU.

Terkait dengan klaim kursi dari masing-masing partai politik di wilayah itu, menurut Ujang Maman, hal itu adalah hak mereka, karena masing-masing partai politik ikut menyaksikan proses pemungutan dan penghitungan surat suara.

Selain itu, partai politik juga telah mendapat salinan hasil penghitungan di masing-masing TPS. Jadi partai politik langsung bisa melakukan penghitungan sendiri, sehingga mereka bisa langsung menghitung perolehan suara masing-masing.

Kendati masing-masing parpol sudah mengklaim berhasil mendapat salah satu kursi dari total 30 kursi DPRD Rejang Lebong yang diperebutkan, namun dia menyatakan semua itu harus ditentukan berdasarkan hasil pleno KPU setempat setelah proses rekapitulasi selesai semuanya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024