Masyarakat di wilayah Kecamatan Malin Deman Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menggalang dana untuk membantu pembangunan kembali rumah salah seorang warga Desa Talang Arah yang hangus terbakar.
 
"Yang jelas masyarakat menggalang dana, dan rencana ke depan membangun rumah warga yang hangus terbakar, tapi sekarang proses dulu," kata Camat Malin Deman Darmadi di Mukomuko, Sabtu.
 
Dia menjelaskan, kebakaran menghanguskan satu bangunan rumah milik warga di Desa Talang Arah, Kecamatan Malin Deman, Senin dini hari, namun tidak ada korban jiwa akibat peristiwa kebakaran tersebut.
 
Ia mengatakan, yang jelas rumah habis semua, dan Pemda Mukomuko melalui Dinas Sosial telah membantu tanggap darurat berupa bantuan seng, kayu, dan makanan.
 
Ikhtiar lain yang dilakukan, katanya, mengumpulkan bantuan melalui jamaah masjid di desa-desa lain yang tersebar di Kecamatan Malin Deman.
 
Kemudian bantuan dari kelompok masyarakat, dan bantuan yang dikumpulkan ini sesuai kemampuan masing-masing.
 
"Kini masih menunggu bantuan dari masyarakat dan desa-desa lain di kecamatan terkumpul," katanya.
 
Ia mengatakan, warga yang menjadi korban kebakaran rumah di wilayah ini juga mendapatkan bantuan dari Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Edi Kasman mengatakan, pihaknya memberikan bantuan sosial berupa bahan material untuk pembangunan rumah warga Desa Talang Arah, Kecamatan Malin Deman, yang hangus terbakar.
 
"Bantuan material dari dinas ini berupa 20 lembar triplek, dua kodi seng, tiga kilogram besi paku, dan 15 batang kayu kasau. Bantuan dari kami itu bersifat tanggap darurat," katanya.
 
Ia mengatakan, instansinya selain memberikan bantuan bahan material dan logistik bencana yang terdiri atas selimut, handuk, kain sarung, air mineral, makanan, dan mie instan.
 
"Kami berharap bantuan itu dapat meringankan beban warga yang menjadi korban kebakaran rumah di daerah ini," katanya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024