Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bengkulu menyesuaikan jam kegiatan belajar mengajar peserta didik SD dan SMP selama Ramadhan 1445 Hijriah/2024 dengan mulai masuk pukul 07.30 WIB dan pulang pukul 12.45 WIB. 
 
"Pada Ramadhan pasti ada perubahan jadwal kegiatan belajar mengajar dan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut dilakukan agar para siswa-siswi yang ada di Kota Bengkulu tetap menjaga puasa mereka," kata Kepala Disdikbud Kota Bengkulu A Gunawan di Bengkulu, Kamis.
 
Selain melakukan penyesuaian jam kegiatan belajar mengajar, pihaknya juga berencana menyesuaikan pakaian seragam siswa selama bulan puasa.
 
"Kami akan menginstruksikan siswa-siswi agar mengenakan pakaian seragam busana muslim di lingkungan sekolah saat bulan Ramadhan dan bagi yang non-muslim bisa menyesuaikan," ujarnya. 
 
Dengan demikian ia berharap seluruh sekolah di Kota Bengkulu menerapkan hal tersebut dan seluruh sekolah menggelar lebih banyak kegiatan Islami untuk meramaikan suasana bulan suci Ramadhan.
 
Kemudian, harapnya, para siswa siswi tetap fokus mengikuti proses belajar mengajar dan tidak menjadikan Ramadhan sebagai penghalang dalam kegiatan belajar. Ia juga berharap siswa-siswi  menjaga kondisi fisik atau kesehatan selama Ramadhan sebab pada bulan puasa cuaca di Bengkulu panas sehingga dapat menguras tenaga.
 
"Kami yakin para siswa-siswi ini tetap fokus dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar selama Ramadhan, apalagi jamnya nanti akan disesuaikan dengan bulan puasa. Kita sampaikan kepada guru agar terus mengingatkan para siswa-siswi mereka  untuk bisa menjaga kesehatan tubuh selama bulan puasa nanti," ucap Gunawan.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024