Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu mencatat, ketersediaan blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di wilayah tersebut saat ini sebanyak 5.500 keping.

"Untuk blangko KTP elektronik di Kota Bengkulu masih tersedia sebanyak 5.500 lembar," kata Kepala Dukcapil Kota Bengkulu Widodo, Kamis.

Ia menyebutkan, jika ketersediaan blangko KTP elektronik di Kota Bengkulu nantinya menipis, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Dukcapil Provinsi Bengkulu dan pemerintah pusat untuk penambahan blangko.

Ketersediaan blangko KTP tersebut akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan bagi masyarakat dan mendukung kelancaran pelayanan masyarakat terutama menghadapi pelaksanaan Pilkada 2024 terkait dimana kepemilikan dokumen jadi  syarat memilih..

Hal tersebut dilakukan, sebab pada pertengahan Februari 2024, Dukcapil Kota Bengkulu telah menerima 10 ribu keping blangko KTP elektronik dari pemerintah pusat.

Widodo menjelaskan, ketersediaan blangko KTP elektronik tersebut difokuskan untuk perekaman KTP usia 17 tahun.

Kemudian, untuk KTP yang perlu diperbaiki karena kerusakan blanko lama ataupun adanya perubahan alamat rumah, pekerjaan dan lainnya, akan direkomendasikan untuk mendaftar pada Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau menggunakan KTP digital.

"Dengan stok yang mencukupi saat ini, warga Kota Bengkulu dapat melakukan perekaman dan pembaruan identitas kependudukan berjalan lancar dan efisien. Hal ini juga menunjukkan komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya," ujar dia.

Sementara itu, untuk ketersediaan ribbon atau tinta pencetakan KTP elektronik di Kota Bengkulu juga dipastikan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024