Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan pembagian 685 Surat Keputusan (SK) guru dan non-kependidikan honorer atau Pegawai Daerah dengan Perjanjian Kerja (PDPK) tingkat SD dan SMP di daerah itu selesai sebelum  Ramadhan tahun ini.
 
"Dalam pekan ini selesai. Kami bergerak ke sekolah-sekolah untuk menuntaskan pembagian SK honorer," kata Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko Ramon Hoski di Mukomuko, Jumat.
 
Pemerintah daerah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu tahun 2024 memperpanjang kontrak 685 tenaga guru dan non-kependidikan honorer atau pegawai daerah dengan perjanjian kerja tingkat SD dan SMP di selama enam bulan atau sampai bulan Juni 2024.
 
Dari sebanyak 685 tenaga honorer tersebut, sebanyak 476 tenaga honorer sekolah tingkat SD dan sebanyak 209 tenaga honorer sekolah tingkat SMP.
 
Ia mengatakan, pembagian SK ratusan tenaga honorer tersebut dilakukan per wilayah, yang membagikan petugas dari dinas keliling ke sekolah-sekolah daerah ini.
 
Terhadap tenaga honorer yang belum menerima SK karena tidak berada di lokasi pembagian, katanya, maka yang bersangkutan mengambil sendiri SK di dinas itu.
 
"Ada beberapa tenaga honorer yang tidak berada di sekolah saat pembagian karena sakit. Selanjutnya mereka mengambil sendiri SK ke dinas ini," ujarnya.
 
Ia mengatakan, jumlah tenaga honorer tingkat SD dan SMP yang menerima SK tahun ini berkurang dibandingkan sebelumnya karena ada tenaga honorer yang menjadi calon legislatif, mengundurkan diri, dan meninggal dunia.
 
Ia menyebutkan, jumlah tenaga honorer tingkat SD dan SMP di daerah ini berkurang sebanyak 16 orang, dari sebanyak 701 orang menjadi 685 orang tenaga honorer.
 
Sedangkan sejumlah tenaga honorer yang lulus menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPk) masih tercatat sebagai tenaga honorer karena mereka belum menerima SK.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024