Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Bengkulu memastikan tetap membuka layanan terkait dengan jaminan kesehatan di daerah itu selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Memang perlu kita sampaikan bahwa layanan BPJS setara di seluruh Indonesia tanpa diskriminasi. Jadi kami sampaikan bahwa kita buka layanan piket di seluruh kantor cabang di Indonesia dan secara spesifik di Bengkulu sama dengan nasional," kata Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bengkulu Mahyuddin di Kota Bengkulu, Rabu.
 
Pihaknya memastikan bahwa peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) yang berasal dari Provinsi Bengkulu maupun luar daerah setempat tetap bisa mengakses atau menerima layanan kesehatan selama berada di tujuan mudik.
 
Selain itu, BPJS Kesehatan Bengkulu membuka pelayanan pemberian informasi, pengaduan, dan pelayanan lainnya yang bersifat administrasi untuk diakses selama masa cuti bersama dengan menyiagakan pegawainya selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"BPJS Kesehatan sifatnya hanya administratif dan kami akan mencoba menjembatani setiap informasi ataupun pengaduan yang kami terima dari masyarakat," ujar dia.
 
Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu Edriwan Mansyur menyebutkan bahwa pemerintah juga menjamin kesehatan masyarakat selama libur panjang Idul Fitri mendatang.
 
Pihaknya juga meningkatkan pelayanan kesehatan dengan menyiagakan seluruh sumber daya kesehatan yang ada, seperti fasilitas kesehatan di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

Ia menyebutkan layanan yang disiagakan selama libur panjang tersebut, antara lain layanan kesehatan pada kecelakaan, layanan kesehatan bagi pengunjung tempat keramaian atau wisatawan.
 
Selain itu, penguatan sistem layanan rujukan dan kegawatdaruratan, peningkatan promosi terkait dengan prokes dalam pencegahan dan penularan COVID-19 serta pelayanan lainnya.
 
"Untuk masyarakat Provinsi Bengkulu yang mengalami permasalahan dalam penggunaan jaminan kesehatan, seperti kartu JKN tidak aktif dan lainnya, agar dapat menghubungi Dinas Kesehatan terdekat melalui kontak person 0811-730-7055," kata dia.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024