Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu akan menyiapkan infrastruktur memadai untuk masyarakat, terutama bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam mengembangkan usahanya.
 
Penyiapan infrastruktur memadai tersebut dilakukan secara bertahap setiap tahun selama 20 tahun yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.
 
"Yang mau kita bangun jalan yang bagus, jembatan yang baik dan listrik swasembada. Dengan begitu, tentu menjadi peluang buat masyarakat Mukomuko bergerak di bidang usaha lainnya, seperti usaha di sektor jasa yang selama ini belum maksimal," kata Bupati Mukomuko Sapuan di Mukomuko, Sabtu.
 
Ia mencontohkan bidang perhotelan, di daerah ini masih kurang, termasuk usaha di bidang kuliner, makan minum, kafe dan lainnya. "Semua usaha itu butuh listrik, kalau listrik byar pet seperti sekarang ini, orang takut mendirikan usaha di bidang jasa di daerah ini," ujarnya.
 
Ia berharap mudah-mudahan kalau listrik sudah stabil, jalan bagus, jembatan baik, otomatis membuat orang nyaman berusaha di daerah ini.
 
Bupati menyebutkan pihak PLN akan mengganti peralatan mereka yang sudah lama dengan yang baru guna memperkuat sistem kelistrikan di daerah ini.
 
Pihak PLN, lanjutnya, akan mengganti peralatan yang lama dengan yang baru, sehingga peralatan yang ada nanti tidak mudah rusak apabila terjadi bencana yang membuat adanya pemutusan listrik dan arus pendek listrik.
 
"Inilah yang sedang mereka benahi, semoga cepat terlaksana dalam waktu dekat ini," ujarnya.
 
Sementara dari kesediaan daya, katanya, sebenarnya sudah termasuk besar yang dipasang sebesar 60 KVa. "Kalau kita bicara kemampuan daerah kita,  pemakaian kita hanya 16 Megawatt," ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024