Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, memberikan penghargaan kepada penyelenggara Pemilu 2024 di wilayah itu yang dinilai terbaik dalam menjalankan tugasnya.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Penerangan Masyarakat dan SDM KPU Rejang Lebong Buyono di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan pemungutan suara pemilu pada 14 Februari hingga rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten berjalan lancar dan kondusif.

"Bersamaan dengan berakhirnya masa tugas panitia pemilihan kecamatan tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong terhitung 4 April 2024, KPU Rejang Lebong memberikan penghargaan untuk 12 kategori penghargaan badan ad hoc terbaik," kata dia.

Dia menjelaskan, penghargaan ini diberikan kepada badan ad hoc mulai dari ppk, kemudian panitia pemungutan suara (pps) serta kelompok penyelenggara pemungutan suara (kpps).

Penyelenggara pemilu yang dinilai terbaik ini, kata dia, dibagi menjadi 12 kategori di antaranya kategori sirekap terbaik, statistik terbaik, pengelolaan SDM terbaik, tingkat partisipasi masyarakat terbaik, lalu lomba video kreatif pemilu terbaik.

"Masing-masing kategori terbaik ini kita berikan piagam penghargaan dan juga uang pembinaan. Ini juga sebagai apresiasi kita atas penyelenggaraan Pemilu 2024 kemarin, kami sangat berterima kasih kepada ppk, pps dan kpps ini," tambah dia.

Dia berharap penghargaan yang diberikan itu akan menjadi motivasi mereka untuk menjadi penyelenggaraan pemilu ke depannya lebih baik lagi, karena bisa saja di antara mereka yang akan terpilih lagi badan ad hoc pada Pilkada 2024 nanti.

Sementara itu untuk proses penjaringan badan ad hoc Pilkada serentak Tahun 2024, kata Buyono, akan dilaksanakan pada 17 April mendatang. Namun untuk teknis penyelenggaraannya KPU Rejang Lebong masih menunggu petunjuk teknis dari KPU RI.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024