Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyiagakan tujuh puskesmas di jalur mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Dhendi Novianto Saputra di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan tujuh puskesmas yang berada di jalur mudik tersebut akan buka 24 jam selama libur Lebaran sehingga pemudik yang sakit atau mengalami kecelakaan bisa berobat di sana.

"Puskesmas ini akan buka 24 jam, di mana tenaga kesehatan berjaga di sana berasal dari 21 puskesmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Jadi bukan dari petugas puskesmas itu saja tetapi bergantian dari puskesmas lainnya yang tidak berada di jalur mudik," kata dia.

Dia menjelaskan, puskesmas jalur mudik ini akan beroperasi selama 24 jam dengan sistem piket, sehingga pemudik maupun warga yang sakit atau mengalami kecelakaan tidak perlu khawatir karena bisa mendapatkan pengobatan di tujuh puskesmas ini.

"Kalau yang berjaga hanya tenaga kesehatan dari puskesmas setempat, takutnya tidak adil sehingga kita lakukan sistem piket di puskesmas yang berada di jalur mudik ini," terangnya.

Penyiagaan puskesmas di jalur mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah ini, kata dia, mulai dari jalur mudik di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan dan jalur mudik di Jalan Lintas Curup-Muara Aman Kabupaten Lebong.

Tujuh puskesmas yang disiagakan ini di antaranya dua unit di Jalan Lintas Curup-Muara Aman, Kabupaten Lebong, yakni Puskesmas Tunas Harapan, Kecamatan Curup Utara dan Puskesmas Bangun Jaya, Kecamatan Bermani Ulu.

Sedangkan untuk di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel, yakni Puskesmas Padang Ulak Tanding, Kecamatan Padang Ulak Tanding. Puskesmas Kepala Curup, Kecamatan Binduriang.

Selanjutnya Puskesmas Beringin Tiga, Kecamatan Sindang Kelingi. Puskesmas Sambirejo, Kecamatan Selupu Rejang, serta Puskemas Curup yang berada di dalam Kota Curup.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024