Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak tiga objek wisata di daerah ini yang menyampaikan pemberitahuan untuk menyelenggarakan berbagai acara hiburan rakyat untuk mengisi libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Sebanyak tiga objek wisata ini, yakni Pantai Batu Kumbang Desa Pulau Baru, objek wisata Danau Lebar di Kecamatan Teras Terunjam, dan Danau Nibung di Kecamatan Air Manjuto.
 
"Tiga objek wisata ini telah menyampaikan surat pemberitahuan, dan kami telah memberikan rekomendasi untuk menyelenggarakan hiburan rakyat," kata Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko Netti Mizaniati di Mukomuko, Selasa.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Disparpora setempat mengeluarkan rekomendasi dan izin hiburan rakyat kepada tiga objek wisata ibu guna menindaklanjuti usulan dari pihak pengelola.
 
Ia mengatakan, meskipun instansinya memberikan rekomendasi, namun pengelola objek wisata diminta untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama berlangsungnya hiburan rakyat.
 
Berdasarkan usulan dari tiga objek wisata ini, katanya, objek wisata Batu Kumbang mengundang artis dari jauh, sedangkan acara hiburan rakyat di Danau Lebar diadakan kecil-kecilan, termasuk hiburan rakyat di Danau Nibung.
 
Selanjutnya, ia menyarankan, kepada pengelola objek wisata lainnya di daerah ini yang mau menyelenggarakan hiburan rakyat untuk menyampaikan pemberitahuan kepada dinas ini.
 
Selain tiga objek wisata Batu Kumbang, Danau Lebar, Danau Nibung di daerah ini, ia mengatakan, sampai sekarang belum ada informasi tentang objek wisata lainnya menyelenggarakan hiburan rakyat saat libur lebaran tahun ini.
 
Terhadap objek wisata yang mengadakan hiburan rakyat tetapi tidak meminta rekomendasi dan izin kepada dinas, ia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan kepala dinas terkait masalah tersebut.
 
Selanjutnya, ia mengatakan, pihaknya akan melakukan pemantauan untuk mendata jumlah objek wisata yang mengadakan hiburan rakyat saat libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024