Bengkulu memiliki destinasi eksotis di bagian barat Sumatera, kembali menjadi tujuan favorit wisatawan dalam rangka libur panjang edisi merayakan lebaran. Selain air terjun yang menakjubkan, pegunungan yang membentang hijau, Bengkulu juga memiliki keindahan alam lainnya yang patut di kunjungi.

Meski bukan termasuk provinsi yang mentereng di banding tetangganya, Bengkulu memiliki beragam tempat wisata karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga dianugerahi banyak pantai yang indah.

Dari Pantai Panjang yang menjadi ikon Bengkulu, hingga ke Pantai-Pantai yang indah tetapi tersembunyi lokasinya.

Dengan berbagai pilihan pantai yang menawan, Bengkulu menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pelancong yang mencari ketenangan di tengah liburan panjang.

Sobat ANTARA, berikut pantai yang wajib dikunjungi saat berlibur di Bengkulu.

1. Pantai Laguna
 
Anak nelayan pantai Laguna, Kabupaten Kaur.


Merupakan salah satu objek wisata bahari yang terletak di Desa Merpas, kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur.

Pantai Laguna berada di tepi pantai sekitar 23 kilometer dari Kota Bintuhann, dengan perjalanan tiga jam dari Kota Manna, Bengkulu Selatan.

Baca juga: Pengunjung Pantai Batu Kumbang Mukomuko capai 8.000 orang
Baca juga: Polresta Bengkulu turunkan tim untuk cegah kecelakaan wisata pantai

Destinasi wisata unggulan Kabupaten Kaur ini telah menjadi titik fokus bagi wisatawan lokal maupun luar Provinsi, bahkan sering dikunjungi oleh wisatawan negara.

Pantai ini sering disebut sebagai pantai tercantik di Bengkulu karena memiliki pasir bersih dan lembut.

Pantai ini juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti toilet umum dan spot foto yang cantik. Tak jarang juga pengunjung berkemah dan mendirikan tenda di pantai ini.

2. Pantai Linau
 
Pantai Linau di Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur. (Foto ANTARA/Sugiharto Purnama/18)


Berjarak kurang lebih 30 menit dari Pantai Laguna, Pantai Linau terletak di Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan.

Menempuh perjalanan 15 menit dari pusat Kota Bintuhan, anda dapat menikmati keindahan pasir putih dan air berwarna biru terang yang menjadikannya berbeda dari pantai lain.

Baca juga: BPBD Mukomuko imbau pengunjung tidak mandi di pantai dan danau
Baca juga: Nelayan Mukomuko biarkan ikan slengek berserakan di pantai

Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan oleh pengunjung untuk menikmati pantai ini karena lokasinya yang berada di tepi jalan raya.

3. Pantai Nangai
 
Wisatawan memancing sambil menikmati pemandangan Samudera Hindia di Pantai Nangai di Kecamatan Air Napal, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Sabtu (6/1/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/tom (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IZFALDI)


Beralih dari Bengkulu Selatan, selanjutnya ada pantai yang tersembunyi keberadaanya namun memiliki pemandangan yang indah untuk dinikmati.

Pantai yang satu ini terletak di Jl. Padang-Bengkulu, Kecamatan Air Napal, Kabupaten Bengkulu Utara. Pantai Nangai berjarak 28 km dengan estimasi perjalan selama 45 menit dari pusat Kota Bengkulu.

Hamparan pasir putih dan tebing-tebing yang indah mempersembahkan keindahan pantai ini dengan sempurna.

Anda dapat bersantai dan menikmati angin di atas rerumputan hijau diantara barisan pepohonan kelapa di tepi pantai. Menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam (sunset).

Baca juga: Wisata Danau Lebar Mukomuko dengan rakit dapat apresiasi
Baca juga: Pengunjung Pantai Batu Kumbang Mukomuko capai 8.000 orang

Pantai ini belum diatur secara resmi oleh pemerintah sehingga belum ada biaya masuk alias gratis.


4. Pantai Danau Gedang
 
Danau Gedang (Foto Antarabengkulu.com/Helti)


Di Bengkulu Tengah tepatnya di Desa Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa, ada satu wisata yang menjadi destinasi wajib bersama keluarga di tengah liburan yaitu Danau Gedang.

Menjadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh warga Bengkulu karena jaraknya hanya sekitar 25 kilometer dan dapat dijangkau kisaran 30 menit dari pusat kota.

Keindahan pantai ini terletak pada harmonisasi antara danau dan pantai yang berdekatan sehingga cocok untuk berpiknik bersama keluarga sambil menikmati hidangan lezat.

Pantai ini dikelola oleh masyarakat sekitar sehingga tersedia berbagai fasilitas. Jika anda ingin berswafoto, anda hanya perlu merogok kocek Rp10 ribu saja.


5. Pantai Panjang
 
Wisatawan memadati objek wisata pantai Panjang di Kota Bengkulu, Bengkulu, Sabtu (13/4/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/nz (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IZFALDI)


Sobat ANTARA, pastinya tidak asing lagi dengan pantai yang satu ini. Menjadi tempat terpilih bagi warga Kota Bengkulu dan menjadi tujuan utama para wisatawan. Tidak mengherankan, karena pantai ini terletak di pusat Kota Bengkulu sehingga sangat mudah di akses.

Baca juga: Siksa Kubur film horor yang tembus sejuta penonton dalam lima hari tayang
Baca juga: Angkat pemuja setan, Mongol Stres kembali dalam film "Gereja Setan The Movie" tahun 2024

Pantai yang membentang sepanjang tujuh kilometer ini dipenuhi oleh pepohonan pinus dan cemara yang menambah kesejukan suasana.

Sebagai destinasi wisata utama, berbagai fasilitas telah disiapkan di sepanjang pantai. Selain menikmati keidahannya, pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas olahraga seperti jogging dan lainnya.

Berbagai jajanan ringan juga tersedia, bersama dengan kafe, hingga restoran mewah.

Untuk para penggemar selancar, terdapat beberapa bagian Pantai Panjang menjadi pilihan menarik dengan ombak yang cocok. Tentu saja bukan di kawasan dilarang berenang Pantai Panjang.

Baca juga: Prilly sebut kolaborasi jadi kunci majunya industri film Indonesia
Baca juga: Film seram Kiblat undang kontroversi, salah satunya karena alasan ini
 

Gunung Wugong jadi destinasi favorit pencinta aktivitas luar ruangan

 

Pewarta: Vonza Nabilla Suryawan

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024