Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menggelar sayembara pembuatan maskot untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di wilayah itu.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Rejang Lebong Buyono di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan sayembara itu terbuka untuk masyarakat umum, dan akan memperebutkan total hadiah mencapai Rp15 juta.

"Saat kami tengah mengadakan sayembara pembuatan maskot yang akan kita gunakan pada Pilkada serentak Tahun 2024 di Kabupaten Rejang Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan, sayembara pembuatan maskot Pilkada Kabupaten Rejang Lebong ini bisa dalam bentuk flora, fauna maupun bentuk lain yang menjadi ciri khas daerah itu.

Selain itu maskot yang disayembarakan tersebut selain harus memuat logo KPU juga harus diaplikasikan di berbagai media cetak, film, atau televisi dan dianimasikan sebagai merchandise dan kostum untuk media sosialisasi Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Rejang Lebong.

"Desain dibuat dalam bentuk 2D atau 3D yang menampilkan bagian depan, belakang dan samping. Untuk pengiriman dokumen mulai tanggal 25 sampai 30 April 2024, sedangkan pengumuman pemenang akan kita laksanakan pada 1 Mei 2024 mendatang," terang Buyono.

Peserta sayembara harus mengirimkan berkas dalam bentuk softcopy yang meliputi surat pernyataan orisinalitas desain. Kemudian narasi yang menjelaskan mengenai konsep dan filosofi karya. Selanjutnya bersama softcopy desain dikumpulkan dalam bentuk file gampar JPEG dan PNG dengan resolusi 300 DPI maksimal 4 MB.

"Sayembara ini terbuka untuk umum," tegas dia.

Pada sayembara ini KPU Rejang Lebong telah menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan dengan total mencapai Rp15 juta, dengan rincian juara I sebesar Rp8 juta, juara II sebesar Rp4 juta dan juara III sebesar Rp3 juta.

Sedangkan untuk juri dalam sayembara ini, tambah dia, ada tiga orang yaitu dua orang dari internal KPU Rejang Lebong dan satu orang eksternal yaitu seorang profesional yang menurutnya berkompeten di bidangnya.

 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024