Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan bantuan 300 ekor kambing jenis peranakan etawa (PE) kepada pemerintah pusat untuk 10 kelompok tani, guna meningkatkan populasi hewan ternak tersebut di daerah ini.
 
"Kami telah mengusulkan sebanyak 10 kelompok tani sebagai calon penerima bantuan kambing tahun 2025 kepada pemerintah pusat," kata Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner dan P2HP Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Yeni Misra, di Mukomuko, Minggu.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pertanian mengusulkan bantuan 300 ekor kambing guna menindaklanjuti program bantuan kambing dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian
 
Ia mengatakan, sebanyak 10 kelompok tani yang diusulkan sebagai calon penerima bantuan kambing jenis PE tersebut tersebar di seluruh kecamatan daerah ini.
 
Ia menambahkan, instansinya mengusulkan bantuan 300 ekor kambing atau setiap kelompok tani tersebut menerima bantuan masing-masing sebanyak 30 ekor kambing yang terdiri dari jantan dan betina.
 
Ia menjelaskan, bahwa instansinya mengusulkan bantuan kambing jenis PE untuk pengembangan populasi kambing, dan kalau bisa susunya dimanfaatkan juga untuk kesehatan.
 
"Karena di daerah ini hewan ternak kambing masih sedikit dan belum surplus, kalau sapi sudah surplus sudah mencapai sekitar 32 ribu ekor yang tersebar di seluruh kecamatan," ujarnya.
 
Ia mengatakan, sebenarnya selama ini banyak proposal bantuan kambing dari kelompok tani di daerah ini, namun usulan tersebut tidak bisa diakomodir karena daerah ini belum ada program bantuan kambing untuk peternak.
 
Untuk itu, katanya, dengan adanya program bantuan kambing dari pemerintah pusat sehingga proposal usulan bantuan kambing dari kelompok tani dapat diakomodir secara bertahap.
 
Ia memastikan, instansinya akan selalu mengusulkan bantuan baik kambing maupun sapi kepada pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi untuk kelompok tani di daerah ini.


 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024