Sejumlah harga komoditi pangan seperti komoditas sayuran, ayam dan cabai di Pasar yang ada di Kota Bengkulu mengalami kenaikan menjelang perayaan Idul Adha 1445 Hijriah.
 
"Harga komoditas sayur di Kota Bengkulu mengalami kenaikan karena stok barang yang berkurang dan banyak dikirimkan ke daerah luar," kata salah seorang pedagang sayuran di Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu Syahril, Jumat.
 
Untuk harga cabai merah saat ini mencapai Rp55 ribu per kilogram yang sebelumnya Rp50 ribu per kilogram, terong ungu yang sebelumnya Rp8 ribu per kilogram menjadi Rp15 ribu per kilogram.
 
Selain sejumlah harga komoditas sayur, harga daging ayam potong di Kota Bengkulu juga mengalami kenaikan yang sebelumnya Rp36 ribu per kilogram menjadi Rp42 ribu per kilogram.
 
"Karena stok yang berkurang sehingga harga mengalami kenaikan dan akibat tingginya harga tersebut membuat jumlah pembelian menurun," ujar salah seorang pedagang ayam potong di PTM Bengkulu Yanto.
 
Dengan naiknya sejumlah harga pangan tersebut, para pedagang memprediksi mendekati Idul Adha harga sayuran dan daging ayam potong akan kembali mengalami kenaikan.
 
Sementara itu, untuk harga telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional di Kota Bengkulu juga mengalami kenaikan yaitu mencapai Rp60 ribu per karpet yang sebelumnya Rp35 ribu per karpet.
 
Naiknya harga telur ayam ras di Kota Bengkulu disebabkan karena keterbatasan stok akibat terlambat nya pengiriman dari daerah penghasil.
 
Untuk ketersediaan stok telur di Kota Bengkulu dibantu suplai dari Provinsi Sumatera Barat, namun saat ini pengiriman stok membutuhkan waktu sehingga terjadi keterlambatan.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024