Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu mengumumkan sebanyak 389 calon telah memasuki tahap tes wawancara untuk menjadi bagian dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Bengkulu, Anggi Stephensent, di Kota Bengkulu, Selasa, mengatakan wawancara ini merupakan kelanjutan dari tahap seleksi tertulis sebelumnya.

"Dari 389 peserta yang mengikuti tes wawancara ini, kami berencana merekrut 45 anggota PPS yang akan tersebar di lima kecamatan," katanya.

Proses seleksi ini diharapkan dapat menghasilkan anggota PPS yang tidak hanya berkualitas tetapi juga memahami sepenuhnya tugas dan kode etik yang menjadi landasan integritas dalam penyelenggaraan Pilkada 2024.

Sebelumnya, 602 calon anggota PPS telah lolos verifikasi administrasi dan mengikuti ujian Computer Asisted Test (CAT).

Sementara itu, KPU Kota Bengkulu juga telah melantik 45 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebagai langkah persiapan penting menuju pelaksanaan Pilkada pada bulan November mendatang.

Anggi berharap anggota PPS yang terpilih dapat mengerti tugas dan kewajiban sesuai dengan integritas dan kode etik PPS terpilih harus dilaksanakan pada Pilkada 2024.

Untuk calon anggota PPS yang dinyatakan lulus verifikasi administrasi telah mengikuti ujian Computer Asisted Test (CAT) yang dilaksanakan pada 17 dan 18 Mei 2024 di Gedung LPTIK Universitas Bengkulu (Unib).

Sementara itu, KPU Kota Bengkulu melantik 45 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pelaksanaan Pilkada 2024.

"Sebanyak 45 anggota PPK tersebut mewakili sembilan kecamatan yang ada di Kota Bengkulu dan telah diambil sumpah jabatan dan pelantikan sebagai anggota PPK," kata dia.

Ketua KPU Kota Bengkulu Rayendra pirasad dengan telah dilantiknya 45 anggota tersebut dapat membantu pelaksanaan Pilkada 2024 yang akan dilaksanakan pada November.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024