Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, segera menetapkan desa terbaik pertama tingkat kabupaten setempat untuk mewakili daerah ini mengikuti lomba desa tingkat provinsi.
 
Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Wagimin, di Mukomuko, Minggu, memastikan penetapan desa terbaik pertama tingkat kabupaten setempat sebelum tanggal 3 Juni 2024.
 
"Tanggal 30 Mei 2024 harus sudah final, soalnya tanggal 3 Juni 2014 sudah dikirim nama desa yang mewakili daerah ini mengikuti lomba desa tingkat provinsi," katanya.
 
Sementara itu, ia mengatakan, dari sebanyak 15 kecamatan di daerah ini, baru empat kecamatan yang sudah mengirimkan nama desa terbaik tingkat pertama untuk menjalani seleksi tingkat kabupaten.
 
Ia menyebutkan, empat kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Teras Terunjam, dan Kecamatan Selagan Raya.
 
"Kami nanti mau rapat di Dinas PMD dulu karena ada empat kecamatan yang mau kami kunjungi," ujarnya.
 
Terkait dengan kecamatan lain yang belum mengirimkan perwakilannya, ia mengatakan, nanti instansinya memprioritaskan yang sudah masuk dulu karena waktunya sangat singkat untuk mengirim desa mewakili daerah ini mengikuti lomba desa tingkat provinsi.
 
Ia berharap, mudah-mudahan banyak kecamatan yang sudah selesai dan menetapkan desa terbaik pertama dalam minggu ini sehingga mereka bisa menyusul untuk menjalani penilaian dalam lomba desa ini.
 
Ia mengungkapkan, bahwa tahun ini dinas
tidak ada kegiatan khusus lomba desa, dan petugas yang turun melakukan verifikasi data desa peserta lomba desa menggunakan surat perintah perjalanan dinas (SPPD) yang ada.
 
Kendati demikian, katanya, pihaknya tetap melakukan seleksi dan membentuk panitia mini untuk menilai desa terbaik pertama di daerah ini.
 
"Baru tahun 2025 kami masuknya kegiatan lomba desa. Tahun 2024 banyak kegiatan dinas ini untuk menutup dan pemenuhan iuran BPJS kesehatan bagi perangkat desa," ujarnya.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024