Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mencanangkan Pasar Panorama menjadi pusat perbelanjaan modern yang tertib, bersih dan rapi.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Bengkulu Gita Gama Raniputera di Bengkulu, Selasa, menerangkan bahwa untuk mewujudkan hal tersebut, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) terus melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima yang berjualan di kawasan Pasar Panorama.

Baca juga: Tiga ruko di kawasan Pasar Panorama Bengkulu terbakar
 
"Kami mengapresiasi langkah dan upaya dari Satpol-PP dalam menertibkan kawasan Pasar Panorama, kita ingin menjadikan Pasar Panorama menjadi sentral perbelanjaan yang memiliki kesan baik artinya tertib, bersih dan rapi," ujar dia.
 
Untuk mewujudkan Pasar Panorama menjadi icon Kota Bengkulu, Satpol-PP terus melakukan sosialisasi dan penertiban terhadap pedagang yang berjualan di bahu jalan.
 
"Tujuannya adalah bagaimana menata Pasar Panorama menjadi pasar yang baik, tertib, bersih dan aman sehingga Satpol-PP akan terus melakukan upaya persuasif sosialisasi dan pendekatan lainnya agar terwujudnya hal tersebut," katanya.
 
Sementara itu, Kepala Satpol-PP Kota Bengkulu Yurizal menerangkan penertiban dilakukan terhadap pedagang yang dianggap melanggar ketertiban umum, seperti gelaran dagangan agak ke tengah maupun menggunakan armada angkutan pick up, sehingga menutupi jalan.
 
Penertiban tersebut terus dilakukan guna menjaga kenyamanan dan ketertiban agar masyarakat berbelanja bisa dengan mudah dan arus transportasi menjadi lancar.

Baca juga: Satpol PP Bengkulu terus lakukan penertiban pedagang di Pasar Panorama
 
Dengan penertiban yang dilakukan secara humas tersebut, para pedagang dapat memahami dan mengikuti aturan yang berlaku sehingga aktivitas jual beli di pasar Panorama berlangsung tertib, lancar, aman dan kondusif.

Di sisi lain, Kasi Ops Satpol PP Kota Bengkulu Asmiliadi menerangkan bahwa pihaknya secara rutin melakukan patroli pada pagi dan malam hari di beberapa tempat yang dianggap mengganggu ketertiban umum.
 
"Dengan menugaskan personel satu regu dan satu armada roda empat kita terus melakukan patroli," katanya.
 
Penertiban terhadap PKL tersebut dilakukan karena Pemkot Bengkulu akan mengembalikan kawasan lahan parkir sesuai fungsinya dan bukan untuk area berjualan pedagang.
 
Sebab, selama ini terdapat dugaan praktik jual beli lahan parkir sebagai lokasi berjualan oleh pedagang di kawasan Pasar Panorama Kota Bengkulu.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024