Pemerintah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu mengajukan penambahan formasi calon aparatur sipil negara (CASN) untuk tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).
 
Kabid Pengadaan, Pengembangan SDM, dan Pendidikan ASN Badan Kepegawaian Pengembangan, dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mukomuko Niko Hafri di Mukomuko Selasa mengatakan, pengajuan penambahan itu sebanyak 17 lagi formasi CASN untuk tamatan SMA.
 
"Mukomuko tahun ini mendapatkan 59 formasi CASN untuk tamatan SMA, kami mengajukan penambahan 17 formasi lagi untuk tamatan SMA," katanya.
 
KemenPAN-RB RI sebelumnya menyetujui usulan formasi CASN baik calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk Kabupaten Mukomuko tahun 2024 sebanyak 1.000 orang.
 
Dari sebanyak 1.000 formasi tersebut, terdiri atas sebanyak 150 formasi CPNS dan 850 formasi PPPK. Dari sebanyak 150 formasi CPNS, 75 tenaga kesehatan dan 75 tenaga teknis.
 
Terkait dengan pengajuan formasi untuk SMA itu, katanya, pemerintah daerah diminta untuk melakukan revisi terkait formasi untuk tamatan SMA.
 
Ia mengungkapkan, sebelumnya sebanyak 59 formasi di bidang teknis ini untuk beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), dan mereka akan bekerja sebagai bendahara ataupun bidang administrasi lainnya.
 
Namun dari hasil rapat dengan pihak Kemepan-RB, mereka meminta adanya penambahan 17 formasi untuk tamatan SMA sebagai tenaga teknis di puskesmas dan sekolah.
 
Dengan adanya penambahan 17 formasi untuk tamatan SMA ini, katanya, diharapkan nanti ada tenaga teknis di puskesmas, dan mereka dapat membantu persoalan administrasi di puskesmas.
 
Ia mengatakan, yang ditakutkan itu nanti jika tidak ada tenaga teknis lulusan SMA, tenaga kesehatan akan merangkap kerja sebagai tenaga teknis dan dikhawatirkan nantinya akan mengganggu pelayanan kesehatan di puskesmas.
 
Ia menambahkan, saat ini instansinya masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari pemerintah pusat terkait revisi kebutuhan dan kualifikasi pendidikan penerimaan CASN 2024.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024