Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu menyebutkan tingkat hunian hotel berbintang di provinsi berjuluk Bumi Rafflesia itu pada April 2024 menunjukkan tren positif.
 
"Tingkat hunian kamar hotel berbintang Provinsi Bengkulu pada April 2024 sebesar 40,34 persen. Jadi kalau dibandingkan dengan kondisi Maret 2024 ada kenaikan 4,90 poin," kata Kepala BPS Provinsi Bengkulu Win Rizal di Bengkulu, Senin.
 
Kemudian, lanjut dia ketika dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2023, angka hunian kamar hotel pada April ini juga menunjukkan kenaikan sebesar 8,13 poin.
 
Ketika dibandingkan dengan bulan yang sama di 2022, angka hunian kamar hotel di Bengkulu juga dicatat mengalami kenaikan 16,02 poin.
 
Dengan tren positif kenaikan tingkat hunian kamar hotel di Bengkulu, tentunya diharapkan dapat paralel dengan kenaikan jumlah wisatawan dan peningkatan ekonomi serta sektor industri kecil menengah dan UMKM di Bengkulu.
 
Apalagi, Pemerintah Pusat saat ini juga sedang mengupayakan pembangunan destinasi wisata Danau Dendam Tak Sudah di Provinsi Bengkulu. Destinasi tersebut direncanakan menjadi destinasi wisata baru yang serupa Danau Toba dan wisata Labuan Bajo.
 
Pemerintah Pusat berencana menggelontorkan data sebesar Rp70 miliar guna membangun destinasi wisata Danau Dendam Tak Sudah Provinsi Bengkulu guna menjadi destinasi wisata baru tujuan wisata domestik.
 
"Anggaran sekitar Rp70 miliar,.dan pembangunan itu dikerjakan seluruhnya oleh kementerian," kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu Tejo Suroso.
 
Tim kementerian yang terlibat membangun DDTS Kota Bengkulu tersebut lanjut dia merupakan tim yang juga, membangun merevitalisasi destinasi wisata Labuan Bajo serta Danau Toba.
 
Keberadaan destinasi wisata baru tersebut nantinya diharapkan menjadi stimulus pengembangan wisata daerah, UMKM, industri kecil dan menengah, dan tingkat kunjungan ke Provinsi Bengkulu. Hal itu ke depannya tentu juga akan berimplikasi positif terhadap tingkat hunian hotel di Bengkulu.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024