Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengusulkan penambahan kuota untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) menjadi 213 formasi.

"Sebelumnya itu kuota (CPNS) di Kota Bengkulu ada 113 CPNS, tetapi sudah kita ajukan lagi penambahan 100 sehingga menjadi 213 formasi," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bengkulu Achrawi di Bengkulu, Selasa.

Ia menyebutkan, usulan penambahan tersebut akan dilakukan verifikasi dan validasi terlebih dahulu oleh Kemen PANRB.

"Rinciannya sudah kita sampaikan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Kemen PANRB untuk diverifikasi. Setelah itu baru kita dapat hasil bersihnya, apakah formasi itu disetujui semua atau tidak," terang dia.

Lanjut Achrawi, usulan penambahan tersebut dilakukan karena kebutuhan ASN di lingkungan Pemkot Bengkulu, sebab, banyak ASN yang berada di posisi strategis telah memasuki masa pensiun.

Diketahui sebelumnya, pelaksanaan tes untuk CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) direncanakan dilakukan pada Juni atau Juli 2024.

Pada pelaksanaan tes 2024, Pemkot Bengkulu menerima kuota CPNS sebanyak 113 orang dan kuota PPPK mencapai 2.394 orang yang diberikan pemerintah pusat.

Untuk kuota CPNS di Kota Bengkulu terbagi dua kategori yaitu 40 orang untuk tenaga kesehatan (Nakes) dan 73 kuota untuk tenaga teknis di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di wilayah tersebut.

Kemudian, untuk kuota PPPK sebanyak 2.394 orang yang dikhususkan untuk seluruh pegawai pemkot yang masih berstatus pegawai tidak tetap (PTT) di Kota Bengkulu.

Dengan rincian yaitu 58 kuota guru, 294 untuk kuota tenaga kesehatan dan 2.043 untuk kuota tenaga teknis yang tersebar di semua OPD termasuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bengkulu.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024