Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebut sebanyak 600 guru PAUD, TK dan SD di daerah itu mengikuti bimbingan teknis (bimtek) pengembangan karir pada 6 hingga 8 Juni 2024.

Kepala Dikbud Rejang Lebong Noprianto di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan bimtek tersebut diberikan untuk membantu meningkatkan kemampuan para tenaga pendidik dalam menghadapi dunia pendidikan saat ini.

"Sebanyak 600 guru dari tingkat SD, TK/PAUD ini mengikuti bimtek pengembangan karir yang dilaksanakan selama tiga hari. Mereka dibimbing guru penggerak yang memiliki sertifikat dan sudah berprestasi di tingkat nasional dan regional," kata dia.

Dia menjelaskan, pada kegiatan yang dipusatkan di SMP Negeri 4 Rejang Lebong itu kalangan guru mendapatkan pelatihan dengan materi cukup beragam yang berkaitan dengan tata cara mendesain pola asuh dan pola pembelajaran peserta didik di sekolah.

"Mereka diberikan pengetahuan mulai dari kompetensi standar guru terkait isi kurikulum, materi pengoptimalan proses pembelajaran terkait psikologi anak, serta bagaimana guru bisa memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran seperti alat peraga maupun peralatan elektronik," terangnya.

Pada pelaksanaan bimtek ini, kata dia, animo kalangan guru di Kabupaten Rejang Lebong untuk mengikutinya cukup tinggi, terbukti dari target yang ditentukan pihaknya sebanyak 400 peserta namun pada pelaksanaannya mencapai 600 peserta.

Sebelum itu pihaknya juga sudah melaksanakan bimtek serupa dengan pesertanya berasal dari kalangan guru SMP yang diikuti 200 orang.

Menurut dia, ke depan Dikbud Rejang Lebong kembali akan melaksanakan pelatihan untuk para guru SD, TK dan PAUD,sehingga seluruh guru yang ada di Kabupaten Rejang Lebong dapat menimba pengetahuan guna meningkatkan kualitasnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024