Siapa yang tidak suka semangka? Buah segar yang selalu jadi favorit di musim panas ini tidak hanya lezat, tapi juga kaya vitamin A, C, dan antioksidan yang ampuh menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

Namun terkadang kekecewaan ditemui karena salah pilih beli semangka yang kurang lezat karena tidak teliti atau memang belum mengerti triknya. Untuk menghindari kekecewaan tersebut, penting untuk mengetahui cara memilih semangka yang matang sempurna. 

Beberapa penanda dapat diketahui dari visual dan suara sederhana dapat membantu memastikan membawa pulang semangka paling manis dan beraroma setiap saat. Memilih semangka juga memerlukan perhatian terhadap beberapa detail penting. 

Baca juga: Polisi: Aksi pencurian buah kopi di Rejang Lebong meningkat
Baca juga: Harga tandan buah segar kelapa sawit Kabupaten Mukomuko turun

Beberapa caranya dari memperhatikan garis-garis pada kulitnya hingga mengetuk buah untuk mendengarkan suara yang dihasilkannya, setiap langkah dapat membantu memastikan bahwa Sobat ANTARA mendapatkan semangka yang terbaik. 

Berikut ini beberapa kiat jitu agar tidak salah pilih saat membeli semangka, sebagaimana dilansir dari dilansir dari realsimple.com.
 
Pedagang menjual buah semangka hasil panen di jalan lintas barat Aceh di kawasan Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Ahad (3/3/2024). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)


1. Garis-Garis Semangka


Garis-garis pada kulit semangka adalah kunci. Pilih yang pola garisnya kuat dan konsisten. Warna hijau tua dan krem pada garisnya menunjukkan kematangan yang sempurna. Semangka kusam juga sering lebih matang daripada yang mengkilap.

2. Titik Lapangan

Perhatikan titik besar yang berubah warna pada permukaan semangka. Titik kuning krem atau oranye menandakan semangka penuh rasa. Hindari yang titiknya putih atau kuning muda.

Baca juga: TNI dan warga panen semangka tanpa biji 70 ton
Baca juga: Panen raya dorong harga beras turun dan kendali inflasi di Bengkulu
 
Ilustrasi - Buah semangka. (ANTARA/Pexels/Karolina Grabowska.)


3. Batang Kering

Batang yang kering dan berwarna kuning-coklat berarti semangka matang sempurna. Jika batangnya hijau, semangka tersebut belum matang dan mungkin kurang manis.

4. Ketuk Semangka

Ya, mengetuk semangka bukan mitos. Ketuk dan dengarkan suaranya. Nada dalam dan berlubang menandakan buah yang berair dan matang. Jika suaranya tinggi dan padat, semangka belum matang.

5. Bintik-Bintik Manis

Bintik pelapukan kering dan garis anyaman menunjukkan semangka yang sangat manis. Ini adalah tanda gula yang merembes keluar dari buah.

Baca juga: Produksi panen kopi di Bengkulu capai tiga ton per hektare
Baca juga: Pemprov Bengkulu tetapkan kenaikan harga TBS Kelapa Sawit di Mei 2024

6. Berat Semangka

Semangka yang lebih berat untuk ukurannya berarti lebih banyak air, dan tentunya lebih manis dan berair. Angkat dan rasakan beratnya sebelum membeli.

7. Bentuk Bulat

Semangka bulat cenderung lebih manis dibandingkan yang oval. Bentuk oval biasanya lebih berair tapi kurang beraroma. Hindari juga yang permukaannya tidak rata.

Baca juga: Panen buah duku tumbuhkan ekonomi warga
Baca juga: Petani di Lebak raup keuntungan dari panen melon golden
 
Seorang warga Banda Aceh membagikan semangka kepada pengungsi Rohingya setelah mereka lima kali berpindah-pindah tempat karena penolakan dari masyarakat lokal dan kini berada di penampungan sementara di Balai Meuseuraya Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Senin (11/12/2023). (ANTARA FOTO/FB Anggoro)


8. Musim Terbaik

Beli semangka antara Mei dan September. Pada periode ini, semangka mencapai puncak kematangannya dan menawarkan rasa terbaik.

Dengan trik ini, Sobat ANTARA akan selalu membawa pulang semangka yang manis dan matang. Selamat menikmati semangka segar setiap saat.
 

Pemkot Palangka Raya panen 3 komoditas pangan di lahan percontohan

 

Pewarta: Vonza Nabilla Suryawan

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024