Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Yusran Fauzi menyatakan keberadaan Mal Pelayanan Publik (MPP) di daerah itu untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat modern.

"MPP Kabupaten Rejang Lebong ini lahir sebagai salah satu model intervensi dan terobosan pemerintah dalam menjawab berbagai kebutuhan masyarakat atas pelayanan publik yang lebih modern, efisien, dan profesional," katanya di Rejang Lebong, Senin.

Dia menjelaskan MPP Kabupaten Rejang Lebong bersama 14 kabupaten/kota lainnya se-Indonesia yang diresmikan oleh MenPAN-RB di Jakarta itu dihadiri langsung oleh Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi dan Kepala Dinas DPM-PTSP Rejang Lebong.

Keberadaan MPP Rejang Lebong, kata dia, saat ini sudah diisi oleh 25 gerai pelayanan di antaranya dari dinas/instansi terkait di jajaran Pemkab Rejang Lebong, serta instansi vertikal, BUMN, dan BUMD.

"Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik ini dilakukan dengan menyatukan seluruh jenis pelayanan yang ada ke dalam satu tempat dan terintegrasi dalam sebuah sistem," ujarnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas dalam acara peresmian MPP di 15 kabupaten/kota se-Indonesia yang dilaksanakan secara daring  menyampaikan apresiasi kepada masing-masing daerah.

"Sudah saatnya kita memberikan pelayanan publik, karena pelayanan publik merupakan inti dari pemerintahan ini dan menjadi puncak dari kesibukan birokrasi adalah pelayanan publik," ujarnya.

Dia berpesan kepada seluruh bupati dan wali kota agar dapat melakukan survei kepada publik melalui lembaga survei tentang tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan MPP di masing-masing wilayah.

"Mudah-mudahan ke depannya status ke-15 Mal Pelayanan Publik yang kita resmikan ini tidak turun menjadi pelayanan terpadu satu pintu. Harapan kami ke depan Mal Pelayanan Publik dapat berfungsi dengan baik," tegasnya.

Adapun 15 MPP yang diresmikan MenPAN-RB tersebut antara lain MPP Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Kempar, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Indramayu.

Selanjutnya Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Bima, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Buton, Kabupaten Kolaka, dan Kabupaten Luwu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024