Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu memastikan kebutuhan LPG ukuran tiga kilogram di wilayah ini jelang perayaan Festival Tabut 2024 tercukupi.

Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Disperindag Kota Bengkulu Erika Ariesanti, di Bengkulu, Kamis, menyebutkan bahwa ketersediaan LPG ukuran tiga kg tercukupi untuk masyarakat di wilayah tersebut.
 
"Pemenuhan kebutuhan gas ini masih akan terus aman dan mencukupi hingga penyelenggaraan Festival Tabut," ujar dia, usai melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pangkalan LPG di Kota Bengkulu.
 
Dari hasil sidak tersebut, diketahui bahwa kebutuhan masyarakat terhadap LPG tiga kg mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya.
 
Untuk itu, kata Erika, pihak agen akan terus melakukan pemeriksaan dan mengalokasikan LPG ke pangkalan yang ada meski di tanggal merah dan hari libur.
 
Dia menyatakan, peningkatan penggunaan LPG ukuran tiga kg menjelang Festival Tabut terjadi, karena banyak pelaku usaha kecil yang ingin berjualan makanan di sekitar lokasi.
 
"Informasi di lapangan, mendekati Festival Tabut banyak masyarakat yang biasanya tidak menjadi pelaku usaha makanan mencoba berjualan di sekitar lokasi festival. Sehingga otomatis kebutuhan elpiji ukuran tiga kilogram cukup tinggi," kata dia lagi.
 
Dengan meningkatnya kebutuhan elpiji tersebut, dirinya meminta agar masyarakat membeli secara berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan, serta meminta kepada pihak agen dan pangkalan elpiji ukuran tiga kg untuk memastikan kelancaran distribusi dan tidak melakukan penimbunan gas.
 
"Kami akan terus memantau ketersediaan elpiji tiga kg di Kota Bengkulu. Jika ditemukan adanya penimbunan, kami akan memberikan sanksi tegas kepada agen dan pangkalan yang bersangkutan," ujar Erika pula.
 
Selain itu, dia mengimbau kepada masyarakat bahwa penerima atau yang berhak menggunakan elpiji ukuran tiga kg tersebut tepat sasaran sesuai dengan kategori penerima subsidi.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024