Mukomuko (Antara) - Sebanyak lima pabrik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dalam minggu ini membeli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani setempat dengan harga berkisar Rp1.120 hingga Rp1.185 per kilogram, lebih tinggi dibandingkan dengan harga sebelumnya.

"Hanya satu pabrik di Mukomuko yang membeli sawit petani dengan harga rendah, yakni PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA)sebesar Rp1.095 per kilogram (Kg)," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat, melalui Kasi Budi Daya Perkebunan Sudianto, di Mukomuko, Senin.

Sedangkan lima pabrik yang membeli harga TBS kelapa sawit dengan harga tinggi, yakni pabrik PT Karya Sawitindo Mas (KSM) sebesar Rp1.120/kg, PT Mukomuko Indah Lestari (MMIL) Rp1.170 per kg, PT Daria Darma Pratama (DDP) di Kecamatan Ipuh dan DDP di Desa Lubuk Bento masing-masing sebesar Rp1.170 per kg.

Pabrik kelapa sawit yang membeli TBS kelapa sawit petani setempat dengan harga paling tinggi, sebutnya, PT AMK sebesar Rp1.185 per kg.

Ia mengatakan, harga TBS kelapa sawit di pabrik di daerah itu pada minggu ini lebih tinggi dibandingkan harga pada minggu lalu, yakni di PT SSJA sebesar Rp1.070 per kg, dan PT KSM sebesar Rp1.070 per kilogram.

Kemudian, lanjutnya,PT DDP di Kecamatan Ipuh dan PT DDP di Desa Lubuk Bento masing-masing sebesar Rp1.090 per kilogram.

Ia mengatakan, harga TBS kelapa sawit di pabrik tersebut tinggi dari harga tim penetapan harga TBS kelapa sawit pemerintah provinsi sebesar Rp1.003 per kilogram.

Tim penetapan harga TBS kelapa sawit Provinsi Bengkulu telah menetapkan harga TBS harga tertinggi TBS kelapa sawit yang berlaku sejak minggu keempat Desember 2015 hingga Minggu pertama bulan Januari 2016 sebesar Rp1.145 per kilogram.

Dari penetapan harga tertinggi TBS kelapa sawit itu, harga penjualan TBS kelapa sawit di pabrik ditetapkan sebesar Rp1.003 per kilogram.

Dari harga pembelian di tingkat pabrik tersebut, katanya, pabrik kelapa sawit di daerah itu diberikan toleransi sebesar lima persen untuk membeli TBS kelapa sawit petani.***3*** 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016