Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggandeng PT Telkom Indonesia dalam membuat taman digital untuk warga masyarakat di daerah itu.

"Di taman dalam Kecamatan Kota Mukomuko yang banyak disebut warga taman `hantu` karena gelap, mulai hari ini dibuat taman digital. Jadi warga di taman itu bisa mengakses internet secara gratis," kata Penjabat Bupati Mukomuko, Tarmizi di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, pihaknya menggandeng PT Telkom dalam membuatnya. Dan PT Telkom yang bertanggung jawab membuat jaringan internet dalam lokasi taman di Kecamatan Kota Mukomuko ini. Kemudian semua warga setempat, baik yang muda dan tua bebas mengakses internet ini.

Ia memperkirakan, Jangkauannya sejauh 70 meter. Jadi seluruh rumah warga yang berada dekat dengan taman ini bisa mengakses internet ini selama 24 jam.

"Termasuk pegawai negeri sipil (PNS) di Kantor Kecamatan Kota Mukomuko bisa mengakses internet ini," ujarnya.

Ia mengatakan, meskipun pegawai dekat taman digital ini dapat mengakses internet secara gratis tetapi jangan setiap hari kerjaannya main internet saja. Mereka juga harus bekerja.

Untuk itu, ia minta, camat mengawasi seluruh bawahannya. Jangan sampai pada pagi hari dan pada saat jam kerja mereka kerjanya main internet saja.

Ia juga memerintahkan camat untuk menjaga fasilitas modem milik PT Telkom tersebut. Jangan sampai mentang-mentang fasilitas pemerintah dibiarkan begitu saja.

Lebih lanjut, ia berharap, taman digital ini dapat memberikan manfaat bagi warga terutama pelajar dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dengan mendapatkan informasi melalui media internet. ***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016