Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menjadwalkan pelaksanaan pemilihan 63 kepada desa serentak di daerah itu pada Maret 2016.

"Paling lambat bulan Maret 2016. Setelah semua tahapan selesai," kata Penjabat Bupati Mukomuko, Tarmizi di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, penyusun jadwal untuk tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di daerah ini dilakukan dalam Minggu ini.

Setelah keluar jadwal, katanya, panitia tingkat desa hingga kabupaten baru bisa bekerja, yang di mulai dari penerimaan pendaftaran calon kepala desa.

"Kita mau pelaksanaan pilkades ini secepatnya agar ada kepala desa defenitif yang menjalankan roda pemerintahan di desa," ujarnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Mukomuko Badi Uzaman mengatakan, pihaknya telah membentuk panitia desa dan panitia kabupaten.

Terkait persiapan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk pilkades ini, katanya, pihaknya mengambil contoh DPT Pilkada yang digunakan oleh KPU.

Karena, menurut dia, data DPT pilkades itu juga awalnya berasal dari instansi itu. Dan di dalam DPT itu sudah terdaftar warga yang berhak menjadi pemilih pada pilkades.

Sedangkan anggaran untuk pilkades ini, katanya, dari desa menggunakan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) yang bersumber dari dana desa.

Untuk logistik pilkades, katanya, dibantu dari pemerintah setempat. Seperti pembelian alat tulis kantor (ATK), kotak suara, bilik suara, dan berbagai keras. "Honor panitia pelaksana dari APBDes," ujarnya.

Ia menerangkan, setelah pilkades serentak tahun ini, dilanjutkan lagi Pilkades tahun 2017, dan Pilkades tahun 2019. ***2***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016