Bengkulu (Antara) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Provinsi Bengkulu Ridwan Mukti - Rohidin Mersyah di Istana Negara, Jakarta, pada 12 Februari 2016.

Pelaksana Tugas Sekretaris Provinsi Bengkulu Sumardi di Bengkulu, Selasa mengatakan pelantikan kepala daerah Bengkulu digelar bersama dengan enam gubernur lainnya.

"Sudah dijadwalkan pelantikan gubernur dan wakil gubernur digelar pekan ini di Jakarta," katanya.

Ia mengatakan sesuai Undang-Undang, pelantikan kepala daerah gubernur digelar di ibu kota negara, sedangkan kepala daerah untuk kabupaten dan kota digelar di ibu kota provinsi.

Menurut Sumardi, dalam surat yang diterima dari Sekretariat Negara, jumlah undangan dari Bengkulu yang menghadiri pelantikan di Jakarta itu hanya 22 orang.

Dilanjutkan Sumardi, setelah pelantikan gubernur dan wakil gubernur akan dilanjutkan dengan pelantikan kepala daerah tujuh kabupaten di wilayah Provinsi Bengkulu.

"Untuk pelantikan bupati akan digelar di Kota Bengkulu tapi belum dipastikan tempatnya, kami masih mencari lokasi yang kondusif," ujarnya.

Tujuh kepala daerah kabupaten yang akan dilantik yakni bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Mukomuko, Seluma, Lebong, Rejanglebong, Kepahiang, Bengkulu Selatan dan Bengkulu Utara.

Sedangkan pemenang pilkada Kabupaten Kaur akan dilantik setelah masa jabatan bupati dan wakil bupati yang masih menjabat saat ini berakhir pada Juni 2016.

Pilkada gubernur dan wakil gubernur Bengkulu serta delapan kabupaten di daerah ini digelar serentak pada 9 Desember 2015.***2***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016