Bengkulu (Antara-IPKB) - Pengetahuan remaja pelajar di Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu terhadap program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga (KKBPK) meningkat.

Meningkatnya pengetahuan pada program tersebut dapat dilihat dari hasil lomba cerdas program KKBPK yang sebagian besar soal yang diajukan dapat dijawab dengan baik oleh pelajar peserta lomba.

Lomba cerdas program KKBPK yang digelar Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) daerah itu pekan kedua Maret belum lama ini diikuti palajar tingakt SMP dan SMA/SMK serta kader KB tingkat desa.

Dalam lomba itu, dijuarai kelompok remaja pelajar tingkat SMP yakni anak didik sekolah Madrasya Tsanawiya Negeri di Kecamatan Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah, kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) setempat Sri Widodo kepada wartawan di kantornya, Kamis 10/3.

Lomba yang berlangsung itu merupaka strategi program komuniskasi, informasi dan edukasi (KIE) dalam upaya menumbuhkan wawasan kependudukan di tengah masyarakat, kata Sri Widodo.

Ia menambahkan, pengetahuan tentang program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga amat penting bagi remaja.

Pasalnya, didalam progrm tersebut yang dituangkan dalam UU No.52/2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga itu terdapat pembinaan keluarga balita, remaja dan lansia hingga peningkatan ekonomi keluarga.

Jadi, kata Widodo, program tersebut tidak lagi pada pelaksanaan pemasangan kontrasepsi.
Program yang ada dalam KKBPK, remaja mendapati pengetahuan tentang kesehatan reproduksi.

"Kita terus mensosialisasikan program pendewasaan usia perkawinan (PUP) melalui pusat informasi konseling remaja di sekolah."

Melalui pendewasaan usia perkawinan, kata Widodo, akan meningkatkan taraf pendidikan dan kesehatan. Sehingga dimasa datang akan tumbuh generasi yang berkualitas, katanya.(rs)

Pewarta: Idris Chalik

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016