Kepolisian Resor Mukomuko, Provinsi Bengkulu menggelar latihan Pra Operasional Mantap Praja Nala 2024 guna meningkatkan kemampuan personelnya dalam menghadapi Pilkada 2024.

"Kami menggelar latihan ini untuk menyamakan persepsi baik pola pikir dan pola tindak baik teknis maupun taktis bagi personel Polri di lapangan," kata Wakapolres Mukomuko Kompol Bakit Eko Jadi Suseno saat membuka acara pelatihan Pra Operasional Mantap Praja Nala 2024 di Aula Polres Mukomuko, Minggu.

Hadir dalam pelatihan itu penjabat utama atau PJU Polres Mukomuko, kapolsek jajaran dan anggota yang masuk dalam latihan pra operasional Mantap Praja 2024.
 
Kemudian, instansi luar seperti Pemerintah Kabupaten Mukomuko, DPRD Mukomuko, Kodim 0428/Mukomuko, KPU, Bawaslu , Dinkes, Basarnas, Pengadilan Agama dan instansi terkait lainnya.
 
Wakapolres menjelaskan, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesiapan personel dan memantapkan koordinasi, komunikasi, kerja sama serta melaksanakan pengecekan sarana prasarana pendukung pelaksanaan Pilkada serentak 2024.
 
Ia berharap, melalui pelatihan ini diharapkan dapat meminimalisir potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat dan menciptakan suasana Kabupaten Mukomuko yang aman dan kondusif dalam menghadapi Pilkada 2024 ini.
 
“Untuk mencegah gangguan kamtibmas di masyarakat perlu adanya kegiatan rutin yang ditingkatkan dengan patroli bersama," ujarnya.
 
Kemudian, katanya, melakukan cooling system dengan sambang kepada tokoh agama, tokoh masyarakat atau elemen masyarakat lainnya di daerah ini.

Sementara itu, pembekalan materi dari internal, kegiatan latihan juga diisi dari instansi terkait seperti KPU Mukomuko, Bawaslu Mukomuko, Dinkes Mukomuko dan Bupati Mukomuko yang diwakili oleh Asisten III Bustari Maller.
 
Selanjutnya, ia berharap, kepada para personel yang mengikuti latihan ini untuk dapat mengetahui target operasi, target sasarannya serta dapat menguasai cara bertindak sesuai dengan rencana operasi yang ada.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024