Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu menjadwalkan tahapan pemeriksaan kesehatan para calon gubernur untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 pada Kamis (29/8).
"Pada peraturan KPU, proses pemeriksaan kesehatan itu bisa digelar pada 28 Agustus hingga 2 September 2024. Nah kami menjadwalkan pemeriksaan kesehatan, besok itu calon gubernur mengikuti tes kesehatan," kata Ketua KPU Provinsi Bengkulu Rusman Sudarsono di Bengkulu, Kamis.
 
Pemeriksaan kesehatan para pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Bengkulu Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 kata dia, akan digelar di dua rumah sakit.
 
"Rumah Sakit M Yunus dan RSJKO Bengkulu, dan ini sudah kami koordinasikan baik itu dengan para pasangan calon maupun dengan pihak rumah sakit," kata dia lagi.
 
Rusman mengatakan sampai hari terakhir pendaftaran bakal calon pasangan gubernur Bengkulu itu, terdapat dua bakal pasangan calon.

Pada hari pertama tahapan pendaftaran yakni pada Selasa 27 Agustus 2024, pasangan Helmi Hasan (mantan Wali Kota Bengkulu)-Mian (Bupati Bengkulu Utara petahana) mendaftarkan diri ke KPU Provinsi Bengkulu.
 
Kemudian, kata Rusman pada hari terakhir pendaftaran tahapan bakal calon gubernur, Gubernur Bengkulu petahana Rohidin Mersyah yang mendaftar ke KPU Bengkulu bersama pasangannya Meriani.
 
"Sampai sore ini ada dua pasangan calon yang sudah mendaftar. Kami tetap akan menunggu sampai nanti pukul 23.59 WIB apakah masih ada yang akan mendaftarkan diri sebagai bakal pasangan calon gubernur," kata dia.
 
Namun, menurut Rusman baru dua pasangan calon tersebut yang memberitahukan rencana dan waktu mereka akan mendaftar mendaftar, belum ada calon lain yang menyampaikan rencana pendaftaran termasuk bakal calon dari jalur independen.
 
"Nah terkait dengan informasi bahwasanya masih ada atau tidak bakal pasangan calon yang mendaftar sampai dengan saat ini, kami belum mendapatkan informasi itu, tetapi kami KPU Provinsi Bengkulu tentu akan tetap menunggu sampai jam 23.59 ," ujarnya.

 

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024