Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan membangun jalan dan gorong-gorong di Tugu Udang Desa Medan Jaya, Kecamatan Ipuh, yang jebol akibat banjir.
 
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko Apriansyah di Mukomuko, Senin, menyebutkan pembangunan jalan ini rencananya bersumber dari dana Belanja Tidak Terduga (BTT) atau APBD Perubahan 2024.

Baca juga: Mukomuko bangun sarana air bersih untuk ratusan rumah
 
"Kalau kami mau jujur dana BTT selama ini diartikan untuk penanggulangan bencana alam, sementara di dalam peraturan bupati (perbup) dana tersebut boleh digunakan apabila dalam keadaan mendesak dan darurat, tetapi harus dapat persetujuan kepala daerah," katanya.
 
Cuma mekanisme detail penggunaan dana BTT, kata dia, harus dibahas lagi karena pihaknya tidak mau lagi diartikan salah oleh pihak-pihak pemeriksa.
 
"Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita sudah bisa mengatur regulasi, karena kalau ada regulasi kami lebih aman dan ada badan hukumnya," ujar Apriansyah.
 
Ia menyatakan kondisi jalan dan gorong-gorong di Tugu Udang sudah memprihatinkan, karena di situ ada gorong-gorong longsor sehingga menyisakan setengah badan jalan, namun di lokasi sudah diberikan rambu sementara.

Baca juga: BPBD Mukomuko bentuk tim reaksi cepat penanganan bencana
 
Pihaknya sudah membuat perencanaan pengganti plat dekker, namun anggaran belanja rutin dinas ini sudah habis untuk penanganan darurat di tempat lain.

Untuk itu pihaknya akan mengajukan lagi anggaran di APBD Perubahan 2024 dan mudah-mudahan diakomodir oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).
 
Pihaknya membutuhkan anggaran sebesar Rp80 hingga Rp90 juta untuk rencana tersebut. 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024