Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu terus melakukan gerakan pangan murah di setiap kelurahan sebagai salah satu upaya untuk menekan angka inflasi di wilayah tersebut.
 
Gerakan pangan murah tersebut dilakukan setiap satu bulan sekali secara terjadwal oleh im pangan di Kota Bengkulu.
 
"Pada penghujung September gerakan pangan dilakukan di sejumlah tempat dengan jadwal yang berbeda-beda di Kota Bengkulu," kata Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Setda Kota Bengkulu Dadi Hartono di Bengkulu, Kamis.
 
Ia menyebutkan bahwa Pemkot Bengkulu bekerjasama dengan Bulog, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu dan para distributor penyedia bahan pokok untuk melaksanakan gerakan pangan murah.
 
Kemudian, untuk komoditi yang disediakan pada gerakan tersebut seperti beras medium dan premium, minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, telur, bawang putih, daging beku, bawang merah dan lainnya.
 
"Namanya pangan murah tentu harganya lebih terjangkau. Masyarakat bisa mendatangi lokasi dan membeli sesuai kebutuhan," ujar dia.
 
Lanjut Dadi, pelaksanaan gerakan pangan murah merupakan salah satu upaya pemerintah guna menjaga daya beli masyarakat.
 
Selain itu, Pemkot Bengkulu juga menyediakan toko pangan 'Ado Galo' guna membantu menekan angka inflasi di wilayah tersebut serta memenuhi memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.
 
Toko pangan 'Ado Galo' merupakan hasil kolaborasi Pemkot Bengkulu dengan Bank Indonesia, Bulog, Bank Bengkulu, dan Baznas.
 
Keberadaan toko pangan tersebut juga bertujuan untuk memastikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Kota Bengkulu.
 
"Untuk itu, kita berharap melalui toko ini semua harga bahan pokok tetap terkendali, masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya, dan terpenting ialah inflasi terkendali," ujar Penjabat Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi.
 
Terang dia, toko pangan tersebut tidak hanya dibuka selama Ramadhan 1445 Hijriah tetapi akan dibuka secara permanen guna membantu Pemkot Bengkulu dalam menekan inflasi.
 
Dengan adanya toko 'Ado Galo' masyarakat diimbau agar bijak dalam berbelanja dan tidak panik karena ketersediaan bahan pangan di Kota Bengkulu dinilai cukup.
 
Diketahui, toko pangan tersebut akan menjual 10 bahan pokok seperti beras, cabe, minyak goreng dan lainnya dengan harga yang lebih murah namun kualitas premium.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024