Bengkulu (Antara-IPKB) - Pada 2017 pemerintahan Provinsi Bengkulu miliki sebanyak 126 unit balai penyuluh KB. Yang tersebar disetiap kecamatan di sejumlah daerah kabupaten/kota di daerah itu.

Sekretaris Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu Zainin menyampaikan, mengacu pada data kementerian dalam negeri, jumlah kecamatan di Provinsi Bengkulu sebanyak 126 kecamatan. Kecamatan yang ada segera miliki bangunan fisik berupa balai penyuluh KB. 

Dari jumlah kecamatan yang ada, hingga tahun ini balai penyuluh KB di daerah itu sudah dibangun sebanyak 100 unit yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota, sebut Zainin kepada wartawan di kantornya Kamis, 14/4.

Balai penyuluh di Kabupaten Bengkulu Selatan terdapat sembilan unit, Bengkulu Utara 17 unit, Rejanglebong 11, Kota Bengkulu dan Kabupaten Kaur masing-masing sebanyak sembilan unit. Sedangkan bangunan balai penyuluh KB di Kabupaten Seluma terdapat 14 unit, Mukomuko 13, Lebong tujuh unit, Kepahiang delapan serta kabupaten Bengkulu Tengah 10 unit.

Masih terdapat beberapa kecamatan di daerah itu belum miliki bangunan berupa balai penyuluh program KB, dan daerah yang belum dibangunnya balai tersebut segera dituntaskan pembangunannya pada 2017, kata Zainin. Tahun ini DAK 2016 prioritas pembangunan balai penyuluh sebanyak 20 unit tersebar sejumlah daerah kabupaten di Bengkulu, katanya.

Pembangunan gedung balai penyuluh KB kata Zaini, atas dukungan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) melalui dana alokasi khusus (DAK) KB sejak beberapa tahun lalu dalam beberpa skala prioritas.

Ia mengharapkan, dengan hadirnya balai dan personel serta perlengkapannya dapat meningkatkan kembali gebyar KB , baik kuantitas maupun kualitas program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga, pungkas Zainin.(rs)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016